Sukses

Menguak Kabar Miring Irina Istri Ahli IT Hermansyah

Seiring ditangkapnya empat penganiaya Hermansyah, muncul kabar tidak sedap yang menerpa istrinya, Irina Ustinova Svedlovk.

Liputan6.com, Jakarta - Teka-teki motif pengeroyokan terhadap ahli IT Hermansyah telah terkuak. Penganiayaan yang bermula dari senggolan mobil di jalan tol itu mematahkan isu Hermansyah dikeroyok karena membela Rizieq Shihab dalam kasus pornografi yang tengah diusut kepolisian.

Namun, seiring ditangkapnya empat pelaku yang menganiaya Hermansyah, muncul kabar tidak sedap yang menerpa istrinya, Irina Ustinova Svedlovk. Wanita asal Rusia itu dituding sebagai mantan pekerja seks komersial (PSK).

"Iriana masuk ke Indonesia dengan bantuan Agen Yulia dan selanjutnya direkrut Charlie untuk bekerja sebagai cewek PSK klub malam di Malioboro, Jakarta Kota. Diketahui selama bekerja, terdapat tamu tetap yaitu Hermansyah yg datang hampir dua kali dalam seminggu." Begitulah bunyi pesan yang beredar di media sosial.

Perwakilan keluarga, Ichwan, mengatakan kabar yang beredar di media sosial adalah hoax. Ia mengetahui kabar bohong itu pada Kamis, 13 Juli 2017 pagi, setelah membuka situs berita. Salah satu artikelnya memuat tulisan negatif tentang perempuan asal Rusia itu.

"Itu yang dimuat situs yang link-nya ada NKRI di belakangnya," kata Ichwan ketika dihubungi Liputan6.com, Kamis.

Ichwan menilai kabar tersebut bagian dari pembunuhan karakter terhadap Irina dan Hermansyah. "Kabar yang menyebut bahwa Irina mantan pelacur adalah fitnah," kata dia.

"Mohon dicatat, ibu Irina adalah seorang muslimah," dia menegaskan.

Karena itu, lanjut Ichwan, keluarga akan ambil sikap terkait munculnya kabar ini. Antara lain dengan meminta bantuan dari beberapa lembaga seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI) serta Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

"Dengan ini keluarga dan Ibu Irina meminta kepada pemimpin agama, MUI, untuk memberikan perlindungan kepada umatnya. Meminta kepada MUI meminta perlindungan dalam versi Islam," ujar dia.

"Kemudian ke Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Mohon dapat ditindaklanjuti," Ichwan menandaskan.

Kasus pengeroyokan terhadap ahli IT Hermansyah terjadi pada Minggu 9 Juli 2017 sekitar pukul 04.00 WIB. Saat itu, Hermansyah hendak pulang ke rumahnya di kawasan Tirtajaya, Depok, Jawa Barat.

Hermansyah yang saat itu mengendarai mobil Toyota Avanza bersama istrinya tiba-tiba diserempet pengendara lain yang ugal-ugalan di KM 6 Tol Jagorawi, atau sekitar TMII dan Tol JORR Jakarta Timur.

Alumnus ITB itu kemudian disuruh menepi dan membuka pintu mobilnya. Setelah turun dari mobil, Hermansyah langsung diserang pelaku yang berjumlah sekitar lima orang. Satu orang di antaranya menggunakan senjata tajam.

Akibat peristiwa itu, Hermansyah terluka di beberapa bagian tubuhnya, seperti di kepala, leher, dan tangan. Hermansyah akhirnya dilarikan ke RS Hermina Depok dan dirujuk ke RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Irina Depresi

Keluarga Hermanysah mengaku shock mendengar kabar miring mengenai Irina. Istri Hermansyah itu pun kini mengalami depresi.

"Keluarga, terutama Irina kecewa dan depresi," ucap Ichwan, mewakili keluarga Hermansyah, Depok, Jawa Barat, Kamis, 13 Juli 2017.

Menurut dia, saking terpukulnya, Irina sempat menolak permintaan Kapolda Metro Jaya untuk hadir dalam jumpa pers kemarin.

"Tidak dapat dipenuhi karena Bu Irina menyatakan kecewa dan stres atas pemberitaan itu," ujar dia.

Ichwan menyatakan kabar yang beredar di media sosial soal adalah hoax. Menurut dia, hal ini bagian dari pembunuhan karakter terhadap Irina dan suaminya, Hermansyah.

"Kabar yang menyebut bahwa Iriana mantan pelacur adalah fitnah, mohon dicatat. Ibu Irina adalah seorang muslimah," Ichwan menandaskan.

Sumber Kabar Miring

Ichwan mengatakan, dalam artikel yang dimuat di laman Dobrakmusuhnkri, foto Irina seperti sedang duduk seorang diri. Padahal, di sebelahnya ada Kapolresta Depok Kombes Herry Heryawan.

"Foto Kepala Polres Depok bersama Ibu Irina. Di samping Bu Irina ada gambar lengan hitam yang terpotong. Itu adalah lengan hitam Kepala Polres Depok," ujar dia.

Ichwan menjelaskan artikel yang ditulis memiliki kesamaan dengan pertanyaan yang dilontarkan polisi pada saat ngobrol di Mapolresta Depok. Namun, isinya sama sekali tidak benar.

"Irina ditanya oleh polisi, 'apakah kamu pernah bekerja di sini (Malioboro)," ucap dia menirukan suara polisi saat itu.

"Langsung dibantah saat itu juga. 'I am not prostitution'. 'Saya tidak pernah kerja di Malioboro, karaoke. Saya adalah ibu rumah tangga biasa'," kata Ichwan menirukan jawaban Irina.

Ichwan mengaku menyaksikan pertemuan itu dan disaksikan seorang penerjemah, serta ikatan alumni ITB. Kemudian, tak lama setelah itu, Kapolres Depok meminta foto bersama.

"Foto bersama itulah yang muncul dalam artikel yang malah sebaliknya (di Dobrakmusuhnkri). Bahwa ibu Irina adalah PSK, kerja di Malioboro dari tahun sekian-sekian dengan agen Yulia," Ichwan menandaskan.

3 dari 3 halaman

Pengeroyokan Hermansyah

Polisi telah menangkap empat pengeroyok ahli informasi teknologi (IT) Hermansyah. Polisi memastikan, motif pengeroyokan tersebut akibat senggolan mobil pelaku dan Hermansyah.

Kapolda Metro Jaya Irjen Mochamad Iriawan membeberkan rute perjalanan pelaku dan Hermansyah, sebelum akhirnya bertemu di KM 6 Tol Jagorawi, Jakarta Timur. Dia memastikan, pelaku dan korban belum pernah bertemu sebelumnya.

"Korban cuma jalan-jalan aja. Kata istrinya, itu jalan-jalan, (merayakan) ulang tahun," ujar Iriawan di Mapolda Metro Jaya, Kamis (13/7/2017).

Kebetulan saat itu, kata Iriawan, pada Minggu, 9 Juli 2017, istri Hermansyah, Irina Ustinova Svedlovk tengah merayakan ulang tahun. Karena itu, ia mengajaknya jalan-jalan keliling Jakarta.

"Perjalanan dari Depok, Lenteng Agung, Jakarta, lalu masuk lagi Tol Semanggi 2 dan pulang (ke arah Depok). Itu jalan-jalan dari jam 1.00 WIB," kata dia.

Sementara, Iriawan mengungkapkan, para pelaku baru saja menghabiskan malam Minggu di tempat hiburan malam di bilangan Jakarta Pusat. Mereka juga minum minuman beralkohol hingga mabuk.

"Pelaku habis nonton hiburan dari satu hotel di Jakpus, pulang pukul 02.30, semua minum (alkohol)," ujar dia.

Dalam perjalanan, kata Iriawan, tepatnya di KM 8 Tol Jagorawi, Jakarta Timur, pelaku dan korban berpapasan. Mobil yang dikemudikan Edwin menyenggol mobil Hermansyah.

Hermansyah yang tak terima, lantas mengejar Edwin untuk meminta pertanggungjawaban. Bukan ganti rugi yang didapatkan, ia justru dikeroyok teman-teman Edwin yang menggunakan mobil di belakangnya. Seorang pelaku bahkan menusuknya dengan senjata tajam.

Akibat penganiayaan Hermansyah, keempat pelaku, yakni Edwin Hitipeuw (37) Lauren Paliyama (31), Erick Birahy (22), dan Richard Patipeluhu (25) kini mendekam di Rutan Polda Metro Jaya. Sementara satu pelaku lainnya, Domaince, masih buron. 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.