Sukses

Para Penyelam Sukses Kibarkan Sang Merah Putih

Liputan6.com, Wakatobi:  Akhirnya 65 penyelam gabungan sukses melakukan upacara pengibaran bendera. Sang Merah Putih memperingati Hari Ulang Tahun ke-65 Kemerdekaan Republik Indonesia di bawah laut, Selasa (17/8) siang waktu setempat (baca: Sebanyak 65 Penyelam Siap Upacara Bendera).

Para penyelam yang memakai syal merah putih di atas kepala ini memulai penyelaman dari Dermaga Sombu, Wangiwangi, Wakatobi, Sulawesi Tenggara, sejak pukul 09.30 Wita. Para penyelam adalah gabungan dari perwakilan pemerintah, pemerintah daerah, penggiat konservasi alam dari dalam maupun luar negeri. Termasuk, sejumlah peneliti kelautan. Para penyelam asing membawa bendera kecil negara masing-masing ke bawah laut.  Lokasi upacara bendera berada di kedalaman laut sekitar 17 meter, sesuai angka tanggal hari kemerdekaan RI. Bertindak selaku inspektur upacara adalah Syahroni, pejabat di lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Ia juga menjabat Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Persatuan Olahraga Penyelaman Seluruh Indonesia. Upacara bendera di bawah laut ini adalah bagian upaya penciptaan rekor siaran langsung laporan berita melalui darat, bawah laut, dan udara oleh Liputan 6 SCTV.

Laporan bawah laut dibawakan Nova Rini. Sementara di darat ada Joy Astro dan Moh. Achir. Sedangkan laporan pantuan udara akan dibawakan Widyaningsih. Ada keunikan tersendiri, sebab para penyelam yang mengikuti upacara bendera dengan posisi melayang di kedalaman belasan meter. Usai upacara bendera dan perayaan detik-detik proklamasi, para penyelam berdefile menuju Dermaga Sombu. Sesampai di dermaga, mereka bergembira karena telah merayakan hari kemerdekaan di bawah laut. Sesekali yelyel terdengar: "Wakatobi..."Surga!"... "Indonesia... "Merdeka!"(ANS/ARI)
    Loading