Sukses

Kerang Remis Dipercaya Bisa Mengobati Lever

Liputan6.com, Purwakarta: Hampir setiap hari Ikah menghabiskan waktunya mencari kerang atau biasa disebut remis di aliran parit Situ Wanayasa, Purwakarta, Jawa Barat. Untuk mendapat hasil yang banyak. Ikah sengaja datang pagi-pagi. Dengan alat sederhana, ia memilih remis di antara kerikil. Dalam sehari, Ikah mengaku bisa mendapat remis hingga 10 kilogram. Segelas remis dijual seharga Rp 2.500.

Biasanya, remis-remis tersebut langsung dibawa pulang dan dimasak. Proses pengolahannya terbilang sederhana. Agar daging remis keluar dari cangkangnya, Ikah merebus terlebih dahulu. Setelah terkumpul, remis diberi bumbu kunyit, kemiri, bawang merah, dan bawang putih, dan garam. Setelah dicampur bumbu yang sudah dihaluskan, remis kemudian digoreng.

Rasanya? "Selain enak, bisa mengobati penyakit lever dan kulit," kata Elan, penggemar masakan remis, kepada SCTV, Kamis (17/6). Kendati terlihat sederhana, aroma dan rasa remis goreng ini tidak kalah lezat dan tak terlupakan. Pembelinya pun tidak hanya dari Purwakarta, tapi juga konsumen dari luar Jawa.(BOG)