Sukses

Kakek Berusia 140 Tahun Juga Ada di Sragen

Liputan6.com, Sragen: Cerita tentang manusia yang berumur lebih dari seratus tahun kini makin banyak ditemukan. Salah satunya Saparman Sodimejo, warga Dukuh Segeran, Kecamatan Sambungmacan, Sragen, Jawa Tengah yang diperkirakan berusia 140 tahun. Sayangnya Saparman tak ingat tanggal lahir.

Dugaan usia itu didasarkan pada cerita masa kecil Saparman yang mengaku melihat pembangunan pabrik gula Kedung Banteng Gondang. Pabrik gula itu dibangun pada 1880, sekitar 130 tahun silam. Ia juga mengaku pernah melalui zaman Belanda dan Jepang. Saparman juga sempat menikah empat empat kali hingga jumlah cucu dan cicitnya mencapai ratusan orang.

Sejauh ini Saparman tetap segar bugar dan mampu melaksanakan pekerjaan sehari-hari dengan baik. Resepnya kata Mbah Saparman yakni hati ikhlas dan pasrah pada Tuhan.

Sejumlah fakta unik tentang manusia berumur lebih dari seratus tahun juga ditemukan petugas Sensus Penduduk 2010. Di Pandeglang, Banten, seorang nenek diketahui telah menjalani hidup selama 143 tahun. Dengan tertatih-tatih menggunakan tongkat, Maemuna Binti Samaun beraktifitas seperti orang sehat pada umumnya [baca: Nenek Berumur 143 Tahun Miliki Ratusan Cucu].

Di Bekasi, Jawa Barat, petugas juga menemukan seorang kakek yang berusia lebih dari 140 tahun [baca: Seorang Kakek di Bekasi Berusia 140 Tahun].
Menurut catatan Guinness World Records, manusia tertua saat ini berusia 114 tahun.(AIS)