Sukses

Pelawak Yan Asmi Tutup Usia

Liputan6.com, Sukabumi: Suasana duka begitu terasa di sebuah rumah Komplek Bumi Cisaat Sukabumi, Rambai Kabupaten Sukabumi. Di rumah tersebut seorang personil  kelompok lawak D`Bodor, Uyan Suryana, atau populer populer dipanggil Yan Asmi meninggal dunia saat dilarikan ke rumah sakit, Senin (29/3), dini hari.

Menurut anak pertamanya, Puri Pertiwi, almarhum sempat sakit selama lima bulan karena stroke dan Liver. Ia sempat menjalani perawatan di rumah sakit selama satu bulan. Karena kondisinya pulih Yan Asmi menjalani perawatan jalan, malah sempat melakukan shooting di beberapa TV swasta. Yan Asmi yang lahir di Sukabumi, 15 Juli 1959 meninggalkan dua putri tiga putra dan seorang istri, Elly Yulia.

Meninggalnya Yan Asmi membuat dunia seni terutama lawak begitu kehilangan, terutama personil D`Bodor lain, Abah Us Us dan Kusye. Sebelum aktif di D`Bodor, Yan Asmi sempat menjadi pegawai honorer di lingkungan pemerintahan kota Sukabumi, sejak 1987 hingga 1985. Yan Asmi bergabung dengan D`Bodor tahun 1983. Selain melawak Yan Asmi juga pandai menciptakan lagu. Salah satu lagunya  yang tenar dan sering dinyanyikan adalah Ojek Ongkos Ngajegang.

Sebelum terkena stroke dan liver, Yan Asmi berencana mengeluarkan album Star Stir Stor. Penggarapannya pun hampir selesai, namun ajal keburu menjemput. Selain itu, Yan Asmi akan mengeluarkan album emas D`Bodor bersama dua rekan satu grupnya.

Jenazah Yan Asmi dimakamkan Senin (29/3) sore pukul 16.30 WIB, di pemakaman umum di Nyangkoyek, tak jauh dari rumahnya.(IDS/YUS)