Sukses

Monas Gelap Gulita Dukung Earth Hour

Liputan6.com, Jakarta: Kawasan Monumen Nasional, Jakarta Pusat, gelap gulita pada Sabtu (27/3) sejak pukul 20.30-21.30 WIB. Lampu-lampu taman di kawasan yang selalu ramai tiap malam minggu ini dimatikan untuk mendukung kegiatan global yang digelar World Wide Fund for Nature (WWF), "60 Earth Hour".

"Satu jam ini adalah simbolisasi, kita sebagai individu punya kontribusi kepada emisi yang kita hasilkan seperti listrik. Jika listrik terus dipakai, emisinya bakal meningkat ke atmosfer bumi yang menyababkan pemanasan global dan perubahan iklim," ujar Direktur Program Iklim dan Energi WWF Indonesia Fitrian Ardiansyah.

Namun berdasarkan pantauan tim SCTV, listrik di kawasan Monas tidak padam total. Beberapa lampu lalu lintas masih menyala. Beberapa papan reklame juga sebagian masih ada yang menyala.

Selain di Monas, aksi serupa dilakukan di beberapa titik lain di Jakarta. Di Jalan Jenderal Sudirman-M.H. Thamrin misalnya. Seluruh lampu penerangan jalan dipadamkan sementara. Begitu pula dengan lampu yang biasanya menerangi air mancur Bundaran Hotel Indonesia.

Menurut pihak WWF lebih dari 4.000 kota di 125 negara ikut berpartisipasi dalam aksi global mematikan lampu selama satu jam. Jumlah ini lebih banyak daripada tahun sebelumnya yang hanya diikuti 88 negara.(ASW/JUM)

    Video detik-detik ledakan di Parkir Timur Senayan

    Tutup Video