Sukses

Danau Tondano Makin Dangkal

Danau Tondano di Kabupaten Minahasa, Sulut, terancam dangkal dan kekeringan, seiring kurangnya penanganan dari pemerintah daerah dan masyarakat.

Liputan6.com, Manado: Danau Tondano yang berada di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, terancam dangkal atau kekeringan, seiring dengan kurangnya penanganan dari pemerintah daerah dan masyarakat. "Masyarakat terkesan kurang serius menangani persoalan di Danau Tondano, yang bisa berakibat penurunan debit air secara signifikan," kata Kepala Badan Pengelola Daerah Aliran Sungai (BP-DAS) Tondano, di Manado, Rabu (3/2).

Menurutnya, setiap tahun terjadi penurunan debit air sekitar 40 hingga 50 sentimeter dan akan berdampak kekeringan pada 15 hingga 20 tahun mendatang. Kondisi Danau Tondano juga diperparah dengan ancaman pemanasan global yang mengganggu kelestarian lingkungan, tidak adanya upaya penghijauan, serta meningkatkan aktivitas masyarakat di lokasi itu.

Kerusakan juga terjadi akibat illegal loging, kebakaran, konversi hutan, pertambangan golongan C, sehingga berdampak pada erosi dan sedimentasi. "BP DAS Tondano hanya menangani persoalan di aliran sungai dari Danau Tondano, tetapi merasa prihatin dengan kondisi Danau yang saat ini terjadi degradasi," katanya seperti dikutip ANTARA.

Akibat adanya degradasi lingkungan di danau itu, kondisi kedalaman tidak lagi mencapai 20 meter dari permukaan, dibandingkan pada 1934 sekitar 40 meter dan 1983 sekitar 27 meter.(ADO)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.