Sukses

Lahan Minim, Parkir Liar Menjamur di Sekitar Istana Bogor

Menurut dia, persoalan parkir di Jalan Juanda disebabkan minimnya kantung parkir.

Liputan6.com, Bogor - Parkir liar menjamur di Jalan Juanda, Bogor. Di jalan ini, terdapat Istana Kepresidenan dan Kebun Raya.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Lalu Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) Kota Bogor, Agus Suprapto, mengaku kesulitan menertibkan parkir liar di sepanjang Jalan Juanda, Kota Bogor.

Walau kerap melakukan penertiban, masih ada saja pengendara yang nakal memarkirkan kendaraan di rambu larangan parkir.

Dia menyebutkan, kendaraan yang parkir tanpa pengemudi di badan Jalan Juanda sudah sering dikenai sanksi yaitu digembok. Kecuali, bagi kendaraan yang parkir tapi masih ada pengemudi atau pengunjung Kebun Raya Bogor.

"Memang ada beberapa titik yang diberi toleransi seperti pengunjung Kebun Raya Bogor," kata Agus, Kamis (25/8/2016).

Menurut dia, persoalan parkir di Jalan Juanda disebabkan minimnya kantung parkir. Padahal kawasan tersebut merupakan salah satu pusat ekonomi di Kota Hujan.

"Memang di situ seharusnya steril, tapi kendalanya tidak ada lahan parkir," terang dia.

Agus mengatakan, Pemkot Bogor berencana membangun lahan parkir di kawasan tersebut. Terlebih, sudah ada arahan dari Sekretariat Negara yang meminta untuk secepatnya dibangun lahan parkir agar tidak mengganggu arus lalu lintas di sekitar Istana Bogor.

"Ini sedang kami bahas. Rencananya Pemkot membeli atau menyewa lahan kosong untuk dijadikan lahan parkir," kata dia.


Parkir liar di Bogor (Liputan6.com/ Achmad Sudarno)

Kepala Seksi Pengendalian dan Penertiban DLLAJ Kota Bogor, Empar Suparta, menyatakan pihaknya sering  menggembok kendaraan yang parkir liar di sepanjang Jalan Juanda.

"Enggak dibebasin kok. Kecuali hari libur, itu pun satu baris. Kalau dobel kita gembokin," kata Empar.

Namun Empar tidak mau berkomentar saat ditanya banyaknya kendaraan yang sering parkir seperti di depan SMA Negeri 1 Kota Bogor dan sekolah Regina Pacis.

Pantauan Liputan6.com, hampir setiap deretan kendaraan parkir di bahu jalan kawasan tertib lalu lintas. Di antaranya depan Bank BNI, SMAN 1, depan Bank NISP, depan Balai Kota Bogor, Hotel Salak, dan depan sekolah Regina Pacis yang berada tepat di pintu I gerbang Istana Bogor.

Keberadaan parkir liar tersebut selain kerap menimbulkan kemacetan parah di sepanjang Jalan Juanda, Bogor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.