Sukses

VIDEO: Usai Tawaf, Jemaah Haji Harus Menjalani Sa'i dan Tahalul

Sa'i dilakukan dengan berjalan dan berlari kecil dari Bukit Safa ke Bukit Marwah.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menjalani prosesi tawaf, jemaah haji harus melakukan rukun haji berikutnya yaitu sa'i dan tahalul.

Seperti yang diriwayatkan dalam hadist. Rasululah SAW datang di Mekah dan melaksanakan tawaf di Baitullah kemudian salat dua rakaat dan melaksanakan sa'i antara Safa dan Marwah.

Amru Bin Dinar meriwayatkan: Saya mendengar pada Ibna Umar r.a. berkata: "Nabi SAW datang di Mekah maka beliau tawaf di baitullah, kemudian salat dua rakaat kemudian sa'i antara Safa dan Marwah."

Sa'i dilakukan dengan berjalan dan berlari kecil di area lampu berwarna hijau, dari Bukit Safa ke Bukit Marwah dan sebaliknya, sebanyak tujuh kali yang berakhir di Bukit Marwah.

Perjalanan dari Bukit Safa ke Bukit Marwah dihitung satu kali dan juga dari Bukit Marwah ke Bukit Safa dihitung satu kali.

Setelah selesai sa'i, maka dilakukan tahalul dengan mencukur 3 helai rambut.

Di musim haji, jalur sa'i dan tempat tahalul akan dipenuhi jemaah haji. Maka disarankan untuk tertib, sabar dan tidak berdesakan pada saat melaksanakan sa'i dan tahalul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.