Sukses

Kuat di Bursa Cawapres, Erick Thohir Punya Massa Pemilih Merata di Seluruh Indonesia

Sebagai seorang menteri, Erick Thohir juga memiliki ruang gerak secara nasional. Kondisi ini tentu berbeda dengan kandidat cawapres yang merupakan kepala daerah. Mereka memiliki keterbatasan ruang gerak untuk menghimpun suara dari masyarakat di berbagai pelosok Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat Politik Usep S Achyar menilai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sebagai kandidat kuat dalam bursa calon wakil presiden (cawapres) 2024. Salah satu keunggulannya, Erick Thohir memiliki massa pemilih yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

“Massa pemilih Pak Erick Thohir ini tersebar merata di seluruh Indonesia, tidak hanya dari kalangan tertentu saja,” kata Achyar, seperti dikutip dari keterangan tertulis, Senin (20/3/2023).

Hal ini juga tidak lepas dari rekam jejak kepemimpinan Erick Thohir sebelum berkecimpung di pemerintahan. Mantan Presiden Inter Milan ini pernah mengemban tugas sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf pada Pilpres 2019 lalu.

Kala itu, Erick Thohir berhasil mengkonsolidasikan partai koalisi dan menjalankan mesin pemenangan di seluruh wilayah Indonesia. Bersama TKN, Erick berhasil mengantarkan Presiden Jokowi kembali memimpin di periode keduanya.

Dari sini, hubungan dekat Erick Thohir dengan Jokowi mulai terlihat. Bahkan dia menjadi salah satu menteri andalan Jokowi. Berbagai penugasan strategis baik di pemerintahan maupun di luar pemerintahan berhasil dijalankan dengan baik.

Karena itu, Achyar melihat bahwa Erick Thohir berpeluang mendapatkan dukungan dari Jokowi untuk maju sebagai cawapres di Pilpres 2024 mendatang. “Sebagai Ketua TKN Presiden Jokowi itu juga memberikan dampak terhadap potensi Erick Thohir, ia bisa menghimpun dukungan dari para pendukung Presiden Jokowi di seluruh wilayah Indonesia,” ujar Achyar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keuntungan Erick Thohir Dekat dengan Jokowi

Terakhir, Erick Thohir kini juga memiliki ruang gerak secara nasional sebagai salah satu menteri Presiden Jokowi. Ia bebas bergerak ke berbagai pelosok daerah di Indonesia dalam menjalankan tugas pemerintahan.

Berbeda dengan kandidat cawapres yang merupakan kepala daerah, di mana mereka memiliki keterbatasan ruang gerak untuk menghimpun suara dari masyarakat di berbagai pelosok Indonesia.

“Erick Thohir juga merupakan menteri yang selalu diandalkan oleh Presiden Jokowi untuk urusan pemerintahan, sehingga masyarakat banyak yang mengetahui jika Erick Thohir adalah orangnya Presiden Jokowi,” ucap Achyar menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.