Sukses

Warga Bojonegoro Berburu Harta Karun Majapahit

Liputan6.com, Bojonegoro: Sejak setahun terakhir, ratusan warga Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mengisi keseharian mereka dengan berburu harta peninggalan Kerajaan Majapahit. Mereka berharap memperoleh emas dan harta berharga lainnya di pekuburan kuno. Sambil berkelompok, sebanyak tujuh hingga sepuluh orang menggali gundukan-gundukan tanah di tegalan milik warga setempat.

Sebagai pertanda awal, biasanya mereka memperoleh genting-genting yang menimbun tulang belulang. Mereka kerap mendapatkan manik-manik berwarna-warni di leher dan paha kumpulan tulang. Tak jarang juga ditemukan peralatan pertanian dan senjata tajam. Emas yang menjadi buruan utama, hampir tak pernah dijumpai.

Staf Kantor Pariwisata dan Kebudayaan setempat, Imam WS mengatakan perburuan itu menyalahi Undang-undang Nomor 5 tahun 1992 tentang benda-benda cagar budaya. Dinas Purbakala tak memiliki dana yang cukup untuk menyelamatkan benda-benda purbakala. Temuan barang-barang bersejarah itu akhirnya dimiliki para kolektor.(COK/Agus Ainul Yaqin dan Danang Sumirat)