Sukses

Candi Mataram Kuno Ditemukan

Candi peninggalan Kerajaan Mataram Kuno ditemukan di Kompleks Kampus UII di Jalan Kaliurang Sleman, Yogyakarta, saat menggali pondasi proyek pembangunan perpustakaan.

Liputan6.com, Sleman: Struktur bangunan candi peninggalan Kerajaan Mataram Kuno ditemukan di Kompleks Kampus Universitas Islam Indonesia (UII) di Jalan Kaliurang Sleman, Yogyakarta, Sabtu (12/12) sekitar pukul 10.00 WIB. Dugaan sementara candi dibangun sekitar abad ke-9 Masehi.

Bangunan yang ditemukan ini merupakan bagian pinggir candi. Sehingga diperlukan penggalian untuk mendalami keutuhan candi. Diperkirakan proses penelitian membutuhkan waktu dua pekan sampai satu bulan. Dilihat dari batu, candi ini tergolong batu pandesit yang berkualitas bagus.

Terkait penemuan ini, Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Yogyakarta merekomendasikan untuk menghentikan sementara pembangunan gedung perpustakaan, tempat candi ditemukan di kedalaman tiga meter. Keputusan itu telah dirundingkan dengan pihak UII.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini