Sukses

Bumerang Aborigin "Made in" Salatiga

Tak perlu jauh-jauh ke Australia untuk memperoleh bumerang. Para pengrajin di Salatiga, Jateng, mampu membuat benda khas suku Aborigin itu dengan indah.

Liputan6.com, Salatiga: Benda kerajinan khas Australia? Benar, bumerang jawabannya. Para pelancong asal Indonesia biasanya memboyong senjata suku Aborigin ini sepulang berpelesir di negeri asalnya.

Bila Anda menyukai pernak-pernik khas Australia, ternyata tak perlu jauh-jauh menyeberang benua. Benda suku Aborigin itu bisa diperoleh di Salatiga, Jawa Tengah. Sejumlah pengrajin yang khusus membuat barang etnik suku Aborigin bisa membuat bumerang, persis seperti aslinya. Mereka juga mampu membuat alat musik Aborigin, dijiridu.

Unsur penting yang harus diperhatikan dari pembuatan kerajinan ini adalah lukisan. Ada metode khusus yang dinamakan cross head. Jika dituang ke media kayu akasia atau ekaliputus, hasilnya menjadi menarik.

Buatan para pemuda Salatiga ini tak kalah bersaing dengan buatan Cina. Pangsa Australia pun mengakuinya sebagai corak lukisan terbaik. Tak heran jika setiap bulannya para pengrajin Salatiga mempu menjual hingga 30 ribu buah.(OMI)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini