Sukses

VIDEO: Hujan Deras Mengguyur Pulau Jawa, Ribuan Rumah Terendam

Liputan6.com, Mojokerto - Guyuran hujan deras kembali melanda sejumlah daerah di Pulau Jawa. Akibatnya, banjir tidak hanya merendam rumah dan fasilitas umum, tapi juga kawasan pertanian.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Jumat (12/2/2016), akibat hujan deras sekitar 8 jam, sejumlah wilayah di Mojokerto, Jawa Timur terendam. Di kelurahan Meri, Magersari. permukiman penduduk dikepung air.

Bak danau buatan, genangan air yang ada di mana-mana memaksa warga menuntun sepeda motornya, khawatir mogok saat dikendarai. Bahkan, mobil pun mogok gara-gara memaksa jalan saat jalan tergenang.

Banjir juga merendam kawasan permukiman. Ratusan rumah di 4 kecamatan terendam. Akibat buruknya saluran pembuangan, air pun sudah masuk ke dalam rumah.

Kondisi yang sama dialami warga 5 kecamatan di kabupaten Jombang. Hujan deras pada Kamis malam merendam ribuan rumah. Di desa Jombok dan Rejoagung, Kecamatan Ploso, ketinggian air mencapai 1 meter. Warga pun pasrah, saat air masuk rumah, mereka tidak bisa melakukan aktivitas dengan normal.

Banjir yang selalu datang saat hujan deras terjadi akibat pendangkalan sungai Konto. Namun, hingga kini belum terlihat ada upaya serius pemda setempat, sehingga warga selalu cemas saat turun hujan deras.

Tak hanya rumah yang terendam akibat banjir. Di Indramayu, Jawa Barat, ratusan hektare areal persawahan dan tambak milik warga juga terendam. di Kandanghaur, hamparan sawah dan tambak ikut tenggelam bersama air.

Selain tingginya curah hujan dalam sepekan terakhir, banjir juga disebabkan jebolnya tanggul sejumlah sungai. Ratusan petani pun harus menanggung rugi. Sebab, mereka baru saja melewati masa tanam padi dan melepas bibit udang, bandeng, dan lele.