Sukses

Harga Sembako Naik, Pasar Sepi Pembeli

Kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok di Kota Semarang dikeluhkan para pedagang. Maklum, harga sembako naik tidak dibarengi dengan meningkatnya jumlah pembeli.

Liputan6.com, Semarang: Kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok di Kota Semarang, Jawa Tengah, dikeluhkan para pedagang. Maklum, harga sembako yang naik tidak dibarengi dengan meningkatnya jumlah pembeli.

Berdasar hasil pemantauan SCTV, Sabtu (29/8), di sejumlah pasar tradisional di Kota Semarang seperti di Pasar Bulu dan Pasar Johar, harga kebutuhan pokok terus merangkak naik. Padahal Ramadan baru berjalan sepekan.

Kenaikan harga kebutuhan pokok yang paling menonjol di antaranya gula pasir. Menjelang puasa harga per kilogramnya  Rp 8.700, kini naik menjadi Rp 9.500 per kilogram. Hal serupa juga terjadi dengan bawang putih yang semula seharga Rp 10 ribu kini naik menjadi Rp 13.500 per kilogramnya.

Selain itu, daging sapi yang semula Rp 58 ribu per kilo, kini naik menjadi Rp 68 ribu. Daging ayam potong dari Rp 45 ribu rupiah per kilo, naik menjadi Rp 50 ribu. Sedangkan beras naik rata-rata dua ratus rupiah per kilogramnya. Hanya harga minyak goreng yang turun, dari Rp 8.100 per liter menjadi Rp 8 ribu.

Kenaikan harga-harga bahan pokok itu menjadi penyebab sepinya pembeli. Kondisi inilah yang dikeluhkan para pedagang.(BJK/VIN)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini