Sukses

Pemerintah Akan Pertahankan Ambalat

Liputan6.com, Jakarta: Pemerintah menegaskan akan tetap mempertahankan Pulau Ambalat di Kalimantan Timur sebagai wilayah kedaulatan Indonesia. Karena itu Departemen Luar Negeri telah diperintahkan untuk menyiapkan berbagai pendekatan diplomatis dan hukum untuk mempertahankan perairan Ambalat sebagai wilayah utuh Nusantara. Demikian dikatakan Menteri Sekretaris Negara Hatta Rajasa di Jakarta, Senin (1/6).

Komisi Pertahanan dan Keamanan DPR juga beraksi dengan mengirimkan tim khusus ke Malaysia untuk menyatakan sikap protes ke negeri jiran tersebut. Indonesia tidak mau Ambalat bernasib sama seperti Sipadan dan Ligitan yang lepas ke tangan Malaysia.

Berdasarkan data TNI Angkatan Laut, kapal dan pesawat Angkatan Perang Malaysia maupun polisi pantainya dalam periode Januari sampai April tahun ini sudah sembilan kali melakukan pelanggaran. Karena itu Panglima TNI Djoko Santoso telah memerintahkan perlunya peningkatan keamanan dan kewaspadaan di sekitar perairan dan kepulauan Ambalat [baca: Ambalat Memanas, Jalur Diplomasi Tetap Ditempuh].(TES)