Sukses

Gibran Jokowi Pernah Kerja di Restoran Mc Donald

Liputan6.com, Jakarta - Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka sebelum membuka bisnis kuliner katering, ternyata pernah memiliki pengalaman menjadi karyawan di sebuah restoran cepat saji. Pengalaman kerja itu dilakoninya saat masih menimba ilmu pendidikan di Singapura.

Ihwal pengalaman kerjanya tersebut muncul saat Gibran didaulat menjadi pembicara dalam workshop yang bertema 'Who Wants To Be A Millionaire Student' di Kampus Universitas Sahid (Usahid) Solo, Selasa (28/4/2015). ‎

"Saya pernah bekerja di restoran McD (Mc Donald) dan Burger King di Singapura. Saya bekerja di sela-sela kegiatan belajar di Singapura," ujar Gibran di hadapan ratusan peserta workshop.

Selepas menyelesaikan sekolah lanjutan pertama di Solo, sang ayah mengirim putra sulungnya itu untuk meneruskan sekolah lanjutan tingkat atas hingga kuliah di Negeri Singa.

Gibran juga mengatakan, sebelum mengerjakan skripsi di sebuah universitas di Singapura, dia sudah mulai corat-coret perencanaan untuk membuka bisnis usaha katering. "Saya selesai kuliah itu Juni 2010, terus usaha katering Chilli Pari mulai berdiri Desember 2010," ujar dia.

Gibran menuturkan, pada awalnya orangtua serta keluarga besar menolak rencana keinginannya membuka usaha katering. Sebab, semua keluarga besar bergerak di bidang industri permebelan. Sedangkan dia sama sekali tidak ingin untuk meneruskan bisnis yang sudah turun temurun itu.

"Bukan hanya tidak didukung, bahkan orang pun pesimis dengan keinginan saya membuka usaha katering. Karena semua keluarga itu bekerja di usaha mebel. Oleh sebab itu, ini saya jadikan sebagai tantangan‎," kata Gibran.

Akhirnya, usaha katering tersebut berkembang pesat hingga hari ini. Selain itu, jumlah pekerja di usaha katerinya kini bisa mencapai 5.000 pekerja.

"Kalau pas ramai orderan, jumlah yang kerja bisa mencapai 4.000 hingga 5.000 orang," ujar Gibran yang akan menikahi kekasihnya, Selvi Ananda pada 11 Juni 2015 ini. (Mvi/Ali).