Sukses

Gagasan Erick Thohir di BUMN Diakui Ringankan Beban Masyarakat

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah gagasan yang diluncurkan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dinilai membawa dampak positif bagi masyarakat. Kebijakan orang nomor satu di Kementerian BUMN ini telah membantu meringankan beban masyarakat.

Pengamat Politik Arifki Chaniago mengakui, berbagai program Erick Thohir di Kementerian BUMN mengena langsung pada persoalan masyarakat. 

"Pak Erick Thohir mampu memaksimalkan posisinya sebagai Menteri BUMN, seperti dengan pengelolaan program yang terasa langsung oleh publik,” kata Arifki dalam keterangan tertulis, Sabtu (4/2/2023).

Misalnya saja program Kredit Usaha Rakyat (KUR), Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar), dan Mari Kita Majukan Usaha Rakyat (Makmur) yang terbukti mampu menopang perekonomian masyarakat kecil.

Kehadiran program tersebut telah membantu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam menghadapi pandemi Covid 19. Tak hanya UMKM, program yang ditelurkan Erick Thohir juga menyasar nelayan agar dapat meningkatkan pendapatannya.

"Terbaru bahkan terdapat program Solusi Nelayan yang merupakan program gagasan Erick Thohir dengan berkolaborasi bersama KemenkopUKM," tuturnya.

Keberhasilan Menteri BUMN merealisasikan gagasan tersebut diyakini Arifki turut berdampak positif pada persepsi publik terhadap Erick Thohir, terutama jelang Pemilu 2024. Sebab, Erick merupakan salah satu figur yang digadang-gadang bakal maju pada Pilpres 2024 mendatang.

2 dari 2 halaman

Luncurkan Program Solusi Nelayan

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki resmi meluncurkan program Solusi Nelayan di Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (17/9/2022). Ini jadi bentuk upaya memperbaiki ekosistem perikanan termasuk nelayan di Indonesia.

Utamanya, dalam akses solar yang akan dikelola oleh koperasi-koperasi nelayan. Harapannya, penyaluran BBM Subsidi ini bisa semakin tepat sasaran dan meringankan beban nelayan.

Peresmian ini diperlihatkan Erick melalui akun Instagram pribadinya @erickthohir. Dari unggahan Instagram Stories-nya, Erick bersama Menteri Teten, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dan beberapa pihak terkait lainnya ikut meresmikan program ini.

"Setelah kemarin berdiskusi dengan Menteri Koperasi dan UKM dan pihak swasta, hari ini kami akan meninjau realisasi program SOLUSI, BBM solar bersubsidi bagi para nelayan," kata Erick dalam unggahannya, Sabtu (17/9/2022).

"Sebagai permulaan kami akan mulai dari 7 titik kawasan nelayan, salah satunya Cilacap, Jawa Tengah. InsyaAllah bisa meringankan," tambahnya.

Sebelumnya, ia menggelar pertemuan di Kementerian BUMN membahas kelangsungaj program ini. Selain penyaluran solar, dibahas juga mengenai pola pemasaran yang dilakukan nelayan.

Koperasi nelayan disebut akan menjadi agregator, sementara dalam mendukungnya, turut hadir BUMN dan perusahaan swasta.

"Nah inilah peran bumn sebagai tadi, menjaga keseimbangan, bahkan kita bisa mengintervensi, kita terbelenggu seperti ini masa kita negara kaya tapi nelayannya miskin," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.