Sukses

Harga BBM Belum Naik, Nelayan di Tegal Kesulitan Dapatkan Solar

Untuk mendapatkan solar, para nelayan terpaksa berebut antrean di SPBN.

Liputan6.com, Tegal - Meski pemerintah belum menaikan harga BBM bersubsidi, para nelayan di Tegal, Jawa Tengah sudah kesulitan mendapatkan bahan bakar solar.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Minggu (16/11/2014), untuk mendapatkan solar, para nelayan terpaksa berebut antrean di stasiun pengisian bahan bakar nelayan (SPBN) Tegal Sari, seperti yang terjadi pada Sabtu 15 November kemarin.

Untuk menghindari aksi borong, pihak pengelola SPBN membatasi pembelian serta memberlakukan sistem bergilir. Namun demikian para nelayan tetap saja saling serobot, karena kawatir tidak mendapatkan solar.

Sementara itu, para nelayan kapal kecil memprotes para pemilik kapal besar, karena kerap melakukan aksi borong solar.

Pertamina memang melakukan pengurangan pasokan sebesar 20 persen untuk para nelayan di Tegal, dengan alasan untuk mengamankan kuota nasional yang hanya cukup sampai dengan Desember 2014.

Menurut para nelayan, mereka sebenarnya tidak keberatan dengan kenaikan harga BBM bersubsidi, dengan syarat pasokan solar untuk nelayan ditambah sehingga nelayan tidak perlu lagi mengantre berhari-hari untuk mendapatkan solar di SPBN. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.