Sukses

Ini Berbagai Atraksi yang Akan Ditampilkan TNI Pada HUT Ke-69

Liputan6.com, Surabaya - Hari Ulang Tahun ke-69 TNI akan menyuguhkan atraksi personel gabungan dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara. Mereka akan menampilkan demontrasi penyelamatan sandera, pencegahan teroris, dan aksi bela diri.

Selain itu akan ada 592 Alutsista dengan 205 di antaranya adalah pesawat yang siap memeriahkan perayaan berbiaya hingga Rp 20 miliar lebih itu pada Selasa 7 Oktober mendatang di Makoarmatim Dermaga Ujung Surabaya, Jawa Timur.

"TNI AU akan menampilkan personil dari Paskhas termasuk pasukan elit Den Bravo (anti-teroris). Juga akan menampilkan perlengkapan tempur Paskhas dan peralatan sistem udara," tutur Kasau Marsekal Ida Bagus Putu, Sabtu 4 Oktober 2014.

Dia menambahkan, pihaknya juga membawa Pesawat UAV tanpa awak, pesawat tempur, pesawat angkut, pesawat latih, dan helikopter. Pesawat-pesawat ini dibawa dari 4 Pangkalan Udara yakni Lanud Halim PK, Lanud Iswahyudi Madiun, Lanud Juanda Surabaya, dan Lanud Abdul Rahman Saleh Malang.

"Sekitar 150 pesawat. Pesawat tanpa awak akan bisa mengirimkan gambar lokasi upacara, akan terbang pada ketinggian 12 ribu kaki," imbuh dia.

TNI AU pun akan mempertontonkan demo udara seperti Fly Pass, serangan udara, penerjunan pasukan, dan air cover. "Fly pass semua pesawat akan lewat dalam formasi besar. 42 pesawat tempur, 16 Hercules. Mengakhiri demonya dengan satu salam terakhir 1 flight 4 pesawat F-16 dan 4 Sukhoi," tandas dia.

Sementara itu, TNI Angkatan Laut juga akan memamerkan kekuatan dan alutsistanya. Terutama 3 KRI jenis Frigate yaitu KRI Bung Tomo, KRI John Lie, dan KRI Usman Harun yang baru saja tiba akan ikut juga dipamerkan.

"Akan dilakasanakan demo Sailing Pass ditampilkan berbagai jenis kapal. Frigate baru saja tiba 5 hari lalu," tutur Kasal Marsekal Marsetyo.

Dalam kegiatan Sailing Pass ini akan ada demo bantuan tembakan anti-kapal selam. Selain itu juga akan ditampilkan aksi-aksi penanggulangan kapal selam.

"Kemampuan dari pasukan-pasukan marinir yang diterjunkan dari pesawat akan merebut apabila kapal dibajak, termasuk pembebasan sandera yang ada," pungkasnya.

Sedangkan untuk Alutsista dari TNI Angkatan Darat yang akan ditampilkan adalah tanker Leopard, Panser Anoa, Unimog, rudal, Heli Bell, dan lain-lain.

Ada juga demonstrasi prajurit serta alutsista TNI tambahan yang akan ditampilkan, seperti serangan udara langsung, manuver atau menembak tank di laut, operasi lintas udara, dan terjun statik laut. Dan juga akan ada atraksi bela diri militer, defile pasukan dan material, dan Jupiter Aerobatic Team.

Loading