Sukses

Festival Sagu Ramaikan Car Free Day di Ibukota

Festival Pangan Sagu Nusantara 2014 diselenggarakan selama 2 hari, 3-4 Mei 2014.

Liputan6.com, Jakarta - Ada yang menarik dengan Car Free Day Jakarta pada Minggu (4/5/2014) besok. Di Parkir Selatan Gelora Senayan, Jakarta terdapat acara Festival Pangan Sagu Nusantara 2014 yang pertama digelar di Ibukota.

Festival Sagu ini menjadi ajang promosi bahan pangan sagu dan budidaya perkebunan sagu yang diselenggarakan Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau dan Kabupaten Sorong Selatan, Papua bekerja sama dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) dan daerah penghasil sagu di Indonesia.

Festival Pangan Sagu Nusantara 2014 diselenggarakan selama 2 hari, 3-4 Mei 2014. Festival ini langsung dibuka Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan pada Sabtu siang di parkir selatan Gelora Senayan, Jakarta.

Selain penampilan tarian khas daerah Papua, Riau, dan Betawi, pada acara pembukaan Festival Pangan Sagu Nusantara 2014 diresmikan pula para Duta Sagu, seperti Melly Manuhutu (Duta Sagu Nasional), Edo Kondologit (Duta Sagu Papua), dan Iyet Bustami (Duta Sagu Riau).

Festival Pangan Sagu Nusantara 2014 ini mendapat apresiasi tinggi dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian. Rusman Heriawan mengatakan bahwa pemerintah mendukung upaya Kabupaten Meranti dan Apkasi dalam mengembangkan produksi pangan sagu menjadi salah satu pangan utama nasional.

"Melalui festival ini diharapkan dapat meningkatkan konsumsi sagu dan produktivitas sagu, sehingga memiliki nilai ekonomi tinggi. Upaya ini sejalan dengan program pemerintah percepatan pembangunan dan upaya menuju ketahanan pangan nasional, "ujar Rusman dalam sambutannya di parkir selatan Gelora Senayan, Jakarta.

Ketua Apkasi yang juga Bupati Kutai Timur, mengatakan bahwa Jakarta sebagai pusat ibukota dan pusat informasi merupakan lokasi yang tepat untuk mempromosikan bahan pangan sagu kepada masyarakat dan dunia usaha atau para investor.

"Jakarta ini pusat informasi, untuk membangun produk ini membutuhkan kontribusi dari seluruh stakeholder (pemangku kepentingan), mulai dari pemerintah pusat dan perusahaan swasta maupun para pengusaha, "ucap Isran Noor kepada Liputan6.com.

Pada Festival Pangan Sagu Nusantara 2014, masyarakat dapat mengenal proses pembuatan sagu dan mencicipi makanan dengan bahan dasar sagu secara gratis, khususnya dari Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Sorong Selatan. Tertarik? Langsung saja datang ke parkir selatan Gelora Senayan, Jakarta. (Gil/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.