Sukses

Demo Buruh Susulan Targetkan Bundaran HI, Istana, Balaikota

Usai dari Istana, buruh langsung membubarkan diri. Tidak ada kegiatan tambahan buruh di GBK.

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan buruh akan kembali melakukan unjuk rasa memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day. Untuk mengantisipasi gangguan keamanan, Polda Metro Jaya mengerahkan 10 ribu personel gabungan.

"Demo buruh hari ini massanya lebih sedikit dari hari kemarin 1 Mei. Hari ini kami menurunkan 10.000 personel gabungan," ujar Kepala Biro Operasi (Karo Ops) Polda Metro Jaya Kombes Polisi Chairul Nur Alamsyah di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (2/5/2014).

Chairul mengatakan, sudah ada sekitar 2.500 buruh berkumpul di Bundaran Hotel Indonesia (HI). Usai berkumpul di Bundaran HI, massa akan melakukan long march ke Istana Merdeka. Kemungkinan, buruh akan singgah untuk berorasi di Balaikota, Jakarta.

"Usai dari Istana, buruh langsung membubarkan diri. Tidak ada kegiatan tambahan buruh di GBK (Gelora Bung Karno)," ucapnya.

Sementara itu Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Rikwanto mengatakan, massa demo kali ini berasal dari kelompok buruh KSPSI, dengan pimpinan Andi Ghani. Massa akan melakukan long march hingga Istana dari Bundaran HI.

Pada peringatan May Day yang jatuh Kamis 1 Mei kemarin, beberapa tempat menjadi titik buruh melakukan unjuk rasa. Antara lain di Bundaran HI, Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Gedung Kementerian Transmigrasi, dan Istana Merdeka. Puluhan ribu buruh menyampaikan tuntutan untuk kesejahteraan mereka, antara lain kenaikan upah 30% dan penghapusan sistem kerja alih daya. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini