Sukses

BNPB Kirim Helikopter dan Pesawat Padamkan Kebakaran Hutan di Riau

Liputan6.com, Pekanbaru - 2 Helikopter milik TNI AU dan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) sudah disiagakan untuk memadamkan kebakaran lahan dan hutan (karhuta) di Riau. Tambahan 1 heli dan pesawat akan didatangkan lagi sebagai bala bantuan dari pusat.

"Heli dan pesawat akan digunakan untuk memadamkan api lewat udara dengan cara bom air," kata Komando Satuan Tugas (Satgas) Udara Karhutla Kolonel P Andyawan di Pekanbaru, Riau, Kamis (27/2/2014).

Menurut Andyawan, heli dan pesawat yang akan didatangkan merupakan bantuan dari Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) Indonesia. "Heli yang akan datang itu mampu membawa 4,2 ton air. Sedangkan pesawat mampu membawa sekitar 20 ton air," kata Andyawan.

Sambil menunggu 1 heli yang akan datang, jelas Andyawan, heli yang ada sudah melakukan pemetaan titik api terbanyak di Riau. "Daerah yang banyak titik api menjadi target pemadaman utama," ucapnya.

Hingga kini, Satgas Karhuta belum berencana membuat hujan buatan. Hal itu lantaran kondisi cuaca di Riau yang menjadi faktor utama.

"Begini, Riau belum diselimuti awan. Itu belum bisa membuat hujan buatan karena tempat penyebaran garam belum ada," pungkas Andyawan. (Shinta Sinaga)