Sukses

Engkon Komara-Iing Syam Arifin Pimpin Perolehan Suara

Liputan6.com, Ciamis: Pasangan Engkon Komara dan Iing Syam Arifin hingga Senin (27/10) petang masih memimpin perolehan suara pemilihan Bupati Ciamis, Jawa Barat. Kendati proses penghitungan suara belum selesai, perolehan suara Engkon-Iin unggul jauh dari empat pasangan lainnya.

Engkon-Iing memperoleh 338.076 suara atau 41,47 persen dari jumlah yang masuk sebanyak 810 ribu. Sedangkan pasangan Jeje dan Husin meraih 31,5 persen suara. Berdasarkan hasil tersebut, Komisi Pemilihan Umum Ciamis memperkirakan pemilihan tak terjadi sampai dua putaran. "Berdasarkan suara yang masuk, diperkirakan tidak sampai terjadi dua putaran," kata Yusuf SA, Sekretaris KPU Ciamis.

Sementara itu, dari total jumlah pemilih 1.152.866 orang, hanya 70 persen yang menggunakan hak pilihnya. KPU beranggapan, banyaknya warga yang bekerja dan belajar di luar daerah membuat mereka tak memilih karana tak bisa pulang saat pemilihan. "Dari jumlah 30 persen suara yang tidak memilih, lebih dikarenakan banyak yang bekerja di luar Ciamis tak bisa pulang," ucap Yusuf.

Seperti di tempat pemungutan suara 1 Cikoneng, hanya 371 pemilih yang menggunakan hak suaranya. Padahal, tercatat 592 calon pemilih di wilayah ini. Kebanyakan dari mereka bekerja di luar Ciamis dan tak bisa pulang saat pemilihan berlangsung.(OMI/Eko Setyabudi)

    Live Streaming EMTEK GOES TO CAMPUS 2018 di Surabaya

    Tutup Video