Sukses

Boneka Horta, Antara Idealisme Edukasi dan Bisnis

Liputan6.com, Bogor: Dalam menggapai sukses setidaknya ada dua hal yang dibutuhkan yaitu ilmu pengetahuan dan keinginan. Hal itulah yang diyakini sejumlah mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) yang berbisnis membuat boneka Horta. Usaha ini muncul dari keinginan untuk memberikan pendidikan pertanian yang bersifat instan pada anak-anak.

Boneka horta merupakan perpaduan bahan-bahan hidroponik yang dirangkai sedemikian rupa sehingga menyerupai bentuk hewan atau buah. Selanjutnya pada bagian atasnya boneka diberi rumput yang bisa dipelihara sebagai sarana edukasi pertanian. Pemilihan nama Horta diambil dari latar belakang mahasiswa penciptanya yaitu jurusan holtikultura.

Ide awal pemilihan bentuk boneka karena sangat erat hubungannya dengan anak-anak. Setelah melalui konsultasi dengan pihak dosen, diarahkan untuk membuat semacam boneka hidroponik. Sekitar 2004 diadakan penelitian untuk menunjang poyek tersebut, penelitiannya meliputi tanah, pupuk, serta media lainnya.

Boneka Horta semula tidak dikembangkan untuk hal yang bersifat profit, karena hanya ingin memberikan nilai edukasi. Namun, setelah dilempar ke pasar ternyata banyak yang tertarik dan ingin membelinya. Saat ini, hampir 40 persen pembeli mendapatkan informasi melalui internet.

Wilayah pemasaran Boneka Horta terbentang dari wilayah Papua hingga Nangroe Aceh Darussalam. Tingginya permintaan membuat para mahasiswa memberdayakan ibu rumah tangga di wilayah Ciomas, Bogor. Kini ada sekitar 40 ibu rumah tangga yang membantu produksi boneka Horta.

Untuk menghilangkan kejenuhan, bentuk dan variasi boneka selalu diubah setiap satu hingga dua bulan. Umumnya bentuk-bentuk boneka Horta menyerupai buah-buahan dan hewan. Karena kedua bentuk itu juga yang paling disukai anak-anak. Selain itu, juga diberi variasi tanaman lain pada bagian atas boneka Horta.

Para mahasiswa menerapkan pengetahuan yang sedang dipelajari di bangku kuliah menjadi sebuah peluang usaha yang menjanjikan. Peluang usaha itu yaitu dengan membuat boneka Horta, sebuah alternatif mainan baru bagi anak-anak yang bersifat edukatif. Boneka bukan sekadar boneka karena di bagian badannya ada rumput yang bisa tumbuh dan dirawat serta disirami.(UPI/Julianus Kriswantoro)

Gigin Mardiansah
Ponsel: 0852.8515.5209
Jalan Babakan Tengah 12, Kampus Dalam IPB Darmaga, Bogor, Jawa Barat