Sukses

Peci Rajut Hiasi Pasar Modern

Liputan6.com, Sukabumi: Peci atau kopiah, busana muslim pria yang mulai disebut busana nasional, ternyata telah mendobrak level modern. Kini peci diciptakan dengan berbagai varian gaya dan warna. Barang ini juga mulai menghiasi etalase-etalase di berbagai pasar modern. Salah satu yang paling diminati masyarakat yakni peci rajut.

Berbicara soal peci rajut, mungkin tak lepas dari FEF Collection di Jalan Bojonggaling, Kebon Pedes, Sukabumi, Jawa Barat. Tempat ini didirikan pada tahun 1996 oleh tiga ibu-ibu. Satu di antaranya, Iis Sumartini. Ide membuat peci rajut didapat Iis ketika melihat tas milik rekannya yang juga dirajut. Iis lalu berguru pada temannya tersebut dan mulai membuat peci rajut.

Hasil karya Iis dipasarkan dari tangan ke tangan. Perlahan tapi pasti, permintaan atau pesanan peci rajut FEF Collection mulai meningkat. Iis lalu memberdayakan ibu-ibu di wilayah tersebut untuk membantu usahanya. Hingga kini, tercatat ada 180 pekerja aktif di FEF Collection dan belum termasuk pekerja lepas.

Soal kualitas, Iis mengaku punya sejumlah kelebihan dibanding peci rajut lain. Dia selalu melengkapi satu desain dengan berbagai ukuran. Peci rajut produksi FEF Collection juga melewati dua kontrol kualitas, baik internal maupun eksternal, sebelum akhirnya dilepas ke pasaran.

Distribusi peci rajut ala FEF Collection mencakup masing-masing dua desa di kecamatan Kebon Pedes dan Sukaraja. Iis juga memasukkan hasil karyanya ke sejumlah department store dan factory outlet. Pemasaran lokal dinilai Iis sudah cukup bagus. Selanjutnya, dia mengincar Brunei Darussalam dan Malaysia sebagai pasar internasional.

Kini, Iis berkeinginan menembuskan usahanya ke Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH). Hal itu diakui tak mudah karena membutuhkan modal besar. "Kalau saya bisa tembus level itu mungkin usaha saya tidak musiman lagi," kata Iis. Dia bisa memproduksi peci rajut setiap saat dan dalam jumlah ribuan. Iis juga berkeinginan usahanya menjadi sentra kerajinan peci rajut.(IKA/Julianus Kriswantoro)

FEF Collection
Jalan Bojonggaling 179
Kebon Pedes, Sukabumi
Jawa Barat
Telepon seluler: 0815.463.8582
    Loading