Sukses

Listrik dengan Swadaya Masyarakat

Liputan6.com, Kepulauan Banggai: Aliran listrik mulai dirasakan warga di Kepulauan Banggai, Sulawesi Tengah sejak enam bulan terakhir. Namun, listrik yang didapat warga di pedalaman ini bukan dari PLN melainkan hasil swadaya sendiri. Demikian pantauan SCTV, baru-baru ini.

Masyarakat juga dibantu dana dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat di bawah Menteri Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat dan sumbangan Bank Dunia. Kearifan lokal diterapkan. Listrik diperoleh dari sumber daya alam sekitar yakni air.

Proyek pembangkit listrik tenaga air ini menelan biaya rata-rata Rp 190 juta. Berdasar musyawarah, setiap rumah tangga dikutip duit sebesar Rp 15 ribu. Bahkan, beberapa rumah tangga dibebaskan dari biaya pemakaian listrik bulanan.

Namun ada desa tetangga tanpa listrik. Padahal tiang listrik sudah dipasang 20 tahun lalu. Sulitnya akses menuju desa menjadi penghambat pembangunan listrik. Potret kecil 63 tahun Indonesia merdeka. Belum semua warga merdeka dari kegelapan.(JUM/Sufiani Tanjung dan Amar Soedjawardi)

    Loading