Sukses

Lukisan Semar Karya Sujiwo Tejo

Liputan6.com, Jakarta: Seniman Sujiwo Tejo mengekspresikan beragam karakter tokoh pewayangan Semar kedalam aneka lukisan. Sosok wayang berbadan tambun ini dilukis di atas kanvas dengan nuansa hitam putih. Lukisan-lukisan karya Sujiwo itu beluma lama ini dipamerkan di Jakarta.

Meski dilukis dalam beragam karakter, sang seniman sekaligus dalang ini tetap ingin menggambarkan arti penting Semar sebagai tokoh penengah dan pemersatu. Misalnya saja lukisan Semar sedang memakai kemben. Sujiwo seperti hendak mengatakan Semar bukan hanya sosok yang tegas dan kuat tapi juga lemah lembut dan mengayomi.

Menurut Sujiwo, dalam pewayangan Semar adalah tokoh yang mewakili rakyat. Bahkan dia adalah dewa yang menjelma dalam diri rakyat. Sejumlah seniman menilai lukisan hitam putih karya Sujiwo bergaya ekspresionis kubisme. Namun, Sujiwo tak peduli dengan penamaan aliran itu. Dia hanya ingin mengingatkan kembali semangat Semar melalui lukisan-lukisannya yang dipamerkan di Balai Kartini Jakarta.(IAN/David Silahooij dan Suhanda)