Sukses

Mencicipi Sayur Pendamping Ketupat

Berbagai macam sayuran bisa dicampur ketupat dan opor. Di wilayah Jabotabek, sayuran yang sering ditemui adalah sayur labu siam atau buncis. Sedangkan gulai nangka banyak dijumpai di Sumbar.

Liputan6.com, Jakarta: Ketupat dengan opor ayam atau rendang seolah-olah sudah identik dengan menu Lebaran. Namun, ada satu lagi makanan yang mendampingi ketupat, yaitu sayur. Berbagai macam sayuran bisa dicampur ketupat dan opor. Ini tergantung daerah asal masakannya. Di wilayah Jabotabek, misalnya. Sayuran yang sering ditemui adalah sayur labu siam atau buncis.

Membuat sayur labu siam tak terlalu sulit. Bahan-bahannya adalah labu, buncis, dan kentang. Buncis dipotong tipis-tipis. Sedangkan kentang diiris dadu. Sementara bumbu yang perlu disiapkan di antaranya bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan santan. Bumbu-bumbu tersebut ditumis dengan mencampurkan bahan-bahan sayuran. Langkah terakhir adalah memasukkan santan sambil diaduk. Setelah matang, sayur labu siam dapat dihidangkan bersama ketupat dan opor.

Di Sumatra Barat, sayur pendamping ketupat dan opor yang paling banyak dijumpai adalah gulai nangka. Bahan yang digunakan adalah nangka muda, daging, garam, serta santan. Sedangkan bumbunya terdiri dari bawang merah, bawang putih, lengkuas, kunyit, daun jeruk, salam, kunyit dan sereh. Cara membuatnya dimulai dengan menghaluskan dan menumis bumbu-bumbu. Selanjutnya masukkan potongan daging, nangka, santan, dan garam secukupnya dalam tumisan sambil diaduk hingga matang.

Adapun bentuk penyajian yang sangat berbeda dalam menikmati ketupat bisa ditemukan di Solo, Jawa Tengah. Warga Solo menikmati ketupat dengan bumbu sambal khusus. Sepintas hidangan bernama cabuk rambak ini mirip dengan lontong yang diberi bumbu sate. Kendati tampilannya sederhana, makanan ini cukup populer.

Sambal cabuk rambak dibuat dari campuran kelapa, kemiri, wijen, gula merah, garam serta cabai yang dihaluskan hingga menyerupai bumbu pecel. Sesuai namanya, masakan ini dihidangkan bersama rambak atau kerupuk kulit. Namun, jika rambak tak tersedia dapat diganti dengan kerupuk nasi atau lempeng. Keduanya tetap mampu menggugah selera Anda.(RMA/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.