Sukses

Candi Prambanan Rusak Parah, Stupa Berjatuhan

Gempa tektonik berkuatan 5,9 skala Richter yang mengguncang Yogyakarta dan Jateng kemarin juga merusak sejumlah candi di kompleks Candi Prambanan. Banyak stupa yang terpental ke tanah.

Liputan6.com, Yogyakarta: Kompleks Candi Prambanan yang terletak di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah, ternyata tak luput dari hantaman gempa bumi yang melanda kawasan sekitar. Sejumlah stupa yang menghiasi candi yang berada di areal Candi Hindu terbesar di Asia Tenggara kini mengalami kerusakan cukup parah. Banyak stupa yang terpental ke tanah hingga beberapa meter dari tubuh candi.

Beberapa candi lain posisinya juga tak lagi tegak dan agak miring. Kerusakan paling parah menimpa Candi Brahma yang terletak di sisi selatan kompleks candi yang dibangun abad ke-9 itu. Sementara ini, kompleks Candi Prambanan ditutup untuk umum sampai ahli arkeologi menyelidiki apakah telah terjadi kerusakan permanen atau tidak [baca: Gempa Mengguncang Yogyakarta].(ZIZ/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini