Sukses

Freeport Kembali Beroperasi

Proses produksi PT Freeport Indonesia sudah mulai berjalan meski tak sepenuhnya lantaran ada beberapa fasilitas yang rusak. MRP direncanakan mengadakan pertemuan untuk menyikapi kesepakatan damai antara warga dan Freeport.

Liputan6.com, Timika: Setelah sempat lumpuh selama beberapa hari, aktivitas penambangan di PT Freeport Indonesia di Tembagapura, Timika, Papua, mulai pulih. Seperti disampaikan Kepala Hubungan Masyarakat Freeport, Siddharta Moersjid, proses produksi sudah mulai berjalan sejak Ahad (26/2). Namun, aktivitas penambangan belum sepenuhnya normal karena ada beberapa fasilitas yang rusak dalam aksi massa kemarin.

Dari pemantauan SCTV, warga setempat dan pekerja Freeport terlihat bersukacita. Kesepakatan damai yang dicapai pada Sabtu malam kemarin disyukuri dengan upacara bakar babi. Dalam perjanjian itu, para penambang tradisional setuju untuk menghentikan penutupan jalan dengan syarat PT Freeport menyediakan lapangan kerja yang lebih luas kepada penduduk setempat [baca: Warga-Freeport Berdamai].

Seperti disepakati sebelumnya, bakal digelar pertemuan dan musyawarah lanjutan untuk menjembatani kepentingan warga ataupun PT Freeport. Majelis Rakyat Papua juga diminta untuk mengaspirasikan suara warga termasuk mengambil sikap terhadap kesepakatan antara penambang tradisional dan PT Freeport. Pertemuan lanjutan ini direncanakan digelar petang nanti.(TOZ/Miko Toro)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini