Sukses

Raja Balanipa Dikukuhkan

Liputan6.com, Polewali: Kendati sebelumnya ditentang Lembaga Kerapatan Adat Budaya Balanipa-Mandar, Polewali, Sulawesi Barat, Andi Fadly Patayangi akhirnya dilantik sebagai Raja Balanipa. Fadly sendiri adalah raja ke-55 yang menggantikan Abdul Madjid yang wafat empat tahun silam. Prosesi pengukuhan didahului dengan mengarak Fadly atau Arajang Balanipa dari kediamannya menuju panggung kebesaran, diiringi puluhan kuda penari.

Pengukuhan dilakukan dengan pemasangan Songkok Tobone dan keris pusaka yang disematkan oleh pemangku adat atau tomawubeng alleuangan appe banua kayyang, Abdul Majid Sagena. Menurut juru bicara Arajang Balanipa, Abidin Abdullah, pengukuhan Fadly sesuai kesepakatan empat tokoh pemangku adat dari Pappuangan Mosso, Napo, Todang Todang dan Samasundu.

Dalam sejarahnya, Kerajaan Mandar tidak mengenal putra mahkota. Saat raja mangkat, Appe Banua Kayyang menjadi Arajang Balanipa dan mencari raja baru. Pada pelantikan ini tidak ada sabda khusus sang raja pada rakyatnya. Raja saat ini hanya berperan sebagai penjaga adat dan budaya Balanipa-Mandar.(ADO/Edy Junaedi)