Sukses

Sabun Transparan Produksi Lokal

Liputan6.com, Bogor: Kosmetik perawatan tubuh saat ini banyak didominasi produk impor. Namun sebuah usaha kecil di Bogor, Jawa Barat, mampu memproduksi sabun transparan yang didasari riset dan eksperimen. Usaha sabun transparan ini telah dijalankan Giri Angga Kusumah, alumni Institut Pertanian Bogor, sejak tiga bulan silam dengan modal awal Rp 100 juta.

Pembuatan sabun transparan tersebut diawali dengan pencairan asam stearat dengan suhu 60 derajat Celcius, sebelum dicampur dengan minyak kelapa dan natrium hidroksida. Menurut Giri, untuk menghasilkan khasiat dalam menghaluskan kulit konsumen, campuran tersebut ditambah dengan gliserin, gula dan asam sitrat. Kemudian diaduk bersama campuran etanol, protein nabati, garam dan air murni. Selanjutnya untuk memberi daya tarik campuran itu ditambah dengan pewarna dan pewangi.

Semua campuran itu kemudian diaduk di atas api kecil sehingga menjadi cair dan bercampur rata. Jika ditambah ekstrak tumbuhan sabun tersebut bisa bermanfaat lebih seperti menghilangkan jerawat atau memutihkan kulit.

Sabun transparan ini dijual dengan harga beragam, berkisar Rp 5 ribu hingga Rp 10 ribu. Omzet per bulan usaha Giri bisa mencapai Rp 10 juta hingga Rp 15 juta dengan keuntungan 20 hingga 30 persen. Dari total pendapatan tersebut, Giri mengatakan hampir separuhnya didapatkan lewat pameran.(ZIZ/Dewi Puspita dan Yuli Sasmito)

    Video Populer News

    Tutup Video