Sukses

Tidak Boleh Ada Pendakian yang Dilakukan di Gunung Machapuchare Nepal, Kenapa?

Salah satu gunung ikonik yang tidak boleh didaki adalah Gunung Machapuchare di Nepal.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa orang meyakini, bahwa gunung sebagai tempat tinggal dari para dewa atau rumah roh yang disakralkan. Kepercayaan dan budaya yang berkembang tersebut tak hanya terjadi di sekitaran wilayah gunung di Indonesia saja, melainkan di dunia pun terjadi.

Dengan adanya kepercayaan tersebut, terdapat beberapa gunung yang tidak boleh didaki oleh banyak orang. Salah satu gunung ikonik yang tidak boleh didaki adalah Gunung Machapuchare di Nepal. Sebagai informasi, Macchapuchhare memiliki arti "ekor ikan".

Gunung Machapuchare memiliki ketinggian 6.993 mdpl yang berada di wilayah pegunungan Annapurna di Nepal, yang merupakan rumah bagi tiga dari sepuluh puncak tertinggi di dunia. Gunung ini juga disebut-sebut sebagai tempat paling tidak tersentuh di muka bumi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dipercaya Sebagai Rumah Hindu Siwa

Terdapat alasan teologis di balik tidak bolehnya Gunung Machapuchare dilakukan pendakian hingga ke summit. Dilansir dari BBC, puncak gunung ini dipercaya menjadi salah satu rumah dewa Hindu Siwa. Selain itu, gunung ini merupakan gunung yang disakralkan secara legal administratif oleh pemerintah Nepal.

3 dari 4 halaman

Awal Mula Pelarangan

Dilansir dari BBC, pelarangan mendaki Gunung Macchapuchare adalah hasil dari permintaan yang dibuat oleh perwira Angkatan Darat Inggris Jimmy Roberts, yang sangat berjasa dalam pengembangan pendakian gunung di Nepal.

Jimmy Roberts melakukan ekspedisi untuk mendaki Machhapuchhare tetapi meninggalkan misinya 45 meter di bawah puncak Machhapuchhare. Belakangan Jimmy Roberts meminta pemerintah Nepal untuk melarang ekspedisi ke Machhapuchhare.

Selain itu, Gurung menganggap Machhapuchare suci dan tidak senang melihat orang asing mencoba untuk mengukurnya. Larangan penskalaan Macchapuchhare berlanjut hingga hari ini.

Nyatanya, Machhapuchhare telah menjadi simbol kemurnian dan keindahan di Nepal. Karenanya, gunung ini bahkan muncul dalam lagu-lagu rakyat Nepal.

4 dari 4 halaman

Pendakian Pertama Secara Diam-Diam

Dikutip dari Nepali Times, pendaki asal Selandia Baru, Bill Denz disebut-sebut telah mendaki Gunung Machapuchare hingga summit secara diam-diam pada tahun 1982. Nahasnya, setelah mendaki gunung tersebut, dirinya meninggal dalam longsoran salju di Makalu di pegunungan Himalaya.

Itu tadi beberapa informasi terkait dengan Gunung Machapuchare yang menjadi salah satu gunung di dunia yang tak boleh dilakukan pendakian. Punya keinginan untuk menikmati keindahan gunung tersebut di masa yang akan datang jika sudah mulai dibuka untuk jalur pendakian? Anda harus melancong ke berbagai gunung di Indonesia terlebih dahulu untuk melakukan aktivitas fisik, ya!

Untuk melancong ke berbagai gunung di Indonesia dan menikmati keindahan alamnya, kamu bisa memesan tiket di aplikasi yang terus menghadirkan ragam promo menarik setiap bulannya.

Tak hanya itu, kamu juga perlu memilih aplikasi penyedia jasa tiket dengan fitur yang memudahkan traveler untuk memilih akomodasi pilihan dengan kualitas layanan yang telah terbukti serta memang berkomitmen memberikan pengalaman menginap terbaik.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.