Sukses

Penderita Obesitas Wajib Tahu, Ini Rekomendasi Diet Sehat yang Tak Bikin Menderita

Meski begitu, ada pula beberapa metode diet sehat yang ampuh dalam menurunkan berat badan tanpa perlu harus merasa menderita dulu.

Liputan6.com, Jakarta Obesitas merupakan sebuah kondisi di mana seseorang memiliki berat badan yang terlalu berlebihan. Kelebihan berat badan ini umumnya terjadi akibat kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih banyak dibanding yang dikeluarkan. Sehingga, bila dibiarkan terlalu lama, kalori tersebut akan menumpuk dan berubah menjadi lemak.

Untuk seseorang yang mengalami obesitas, biasanya akan disarankan untuk melakukan diet sehat agar berat badan bisa lebih dikurangi. Namun, kebanyakan penderita enggan untuk melakukannya karena proses diet sendiri dinilai sangat sulit dan terkadang bikin menderita. 

Meski begitu, ada pula beberapa metode diet sehat yang ampuh dalam menurunkan berat badan tanpa perlu harus merasa menderita dulu. Apa saja pilihannya?

Pilih Jenis Makanan yang Tepat dan Perhatikan Jadwal Makan

Pemilihan jenis makanan memiliki pengaruh yang sangat besar untuk proses diet yang dilakukan. Cara diet sehat ini dapat kamu terapkan dengan menghindari berbagai hidangan yang berminyak, seperti goreng-gorengan. Makanan yang memiliki kandungan lemak dan gula tinggi juga perlu dihindari atau dikurangi. Sebab, jenis-jenis makanan tersebut hanya akan menggagalkan program diet yang sedang dijalankan. Tak ketinggalan, perhatikan pula jadwal makan sehari-hari. Jangan sampai telat atau bahkan melewatkan waktu makan yang dipunya.

Konsumsi Buah-Buahan Segar Sebagai Camilan

Untuk camilan, kamu bisa mengonsumsi buah-buahan segar yang kaya akan vitamin dan mineral. Buah-buahan memang tepat disantap saat diet karena memiliki kalori yang rendah. Adapun pilihannya adalah apel merah, buah ceri, kiwi, pepaya, lemon, dan banyak lagi lainnya. Jika bosan untuk makan buah-buahan secara langsung, cobalah untuk membuatnya menjadi jus atau smoothie yang tak kalah enak dan sehat. 

Lakukan Olahraga Sebagai Kebutuhan

Salah satu metode diet alami yang ampuh adalah dengan berolahraga. Tubuh manusia sendiri pada dasarnya perlu untuk mengeluarkan dan membakar kalori yang ada di dalamnya. Untuk itulah, olahraga diperlukan agar bisa mengoptimalkan proses tersebut. Namun, jadikan kegiatan olahraga ini sebagai kebutuhan dan bukan kewajiban, ya. Dengan begitu, kamu pun tak akan merasa terbebani. 

Perbanyak Minum Air Mineral

Tak kalah penting, kamu juga wajib memperbanyak minum air mineral setiap hari selama proses diet berlangsung. Pasalnya, rajin minum air mineral ini akan dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, minum air mineral sebelum waktu makan juga bisa membuat kamu lebih cepat merasa kenyang. Jadi, kalori yang masuk ke dalam tubuh pun bisa lebih berkurang.

Nah, memilih air mineral juga tak bisa asal-asalan. Cari air mineral yang dilengkapi dengan kandungan mineral essensial. Sebab, jenis kandungan ini lebih punya banyak khasiat dibandingkan air mineral yang biasanya. Makanya, jangan sampai salah pilih, ya.

Begitulah kira-kira rekomendasi diet sehat yang tak akan bikin kamu menderita. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini