Sukses

6 Fakta Menarik Libya, Negara Pemilik Cadangan Minyak Terbesar di Afrika

Libya merupakan negara yang sebagian besar wilayahnya ada di Gurun Sahara dan memiliki cadangan minyak terbesar.

Liputan6.com, Jakarta - Libya merupakan negara yang terletak di Afrika Utara. Libya berbatasan dengan Laut Tengah di sebelah utara, Mesir di sebelah timur, Sudan di sebelah tenggara, Chad dan Niger di sebelah selatan, serta Aljazair dan Tunisia di sebelah barat. 

Libya adalah negara terbesar keempat di Afrika menurut luas wilayah, dan ke-17 terbesar di dunia. Kota terbesarnya, Tripoli yang juga ibu kota negara adalah rumah bagi 1,7 juta dari 6,4 juta rakyat Libya.

Libya terdiri dari tiga wilayah bersejarah, yakni Tripolitania di barat laut, Cyrenaica di timur, dan Fezzan di barat daya. Otoritas Ottoman mengakui mereka sebagai provinsi yang terpisah. Di bawah pemerintahan Italia, mereka dipersatukan untuk membentuk satu koloni yang memberi jalan untuk kemerdekaan Libya.

Masih banyak hal tentang Libya selain geografisnya. Berikut enam fakta menarik Libya yang dirangkum Liputan6.com pada Kamis, 23 Maret 2023.

1. Sebanyak 90 Persen Wilayah Libya di Gurun Sahara

Dataran tinggi Sahara membentuk sekitar sembilan per sepuluh dari Libya. Sekitar setengah dari dataran tinggi adalah gurun pasir, menjadikannya benar-benar lautan pasir. Al-Harūj al-Aswad adalah dataran tinggi basaltik berbukit di Libya tengah. Ditutupi dengan pecahan batu bersudut dan bongkahan batu besar, tingginya mencapai sekitar 800 meter dan dimahkotai oleh puncak gunung berapi.

Elevasi tertinggi negara ini adalah puncak Bīkkū Bīttī (Picco Bette) setinggi 2.267 meter di perbatasan Libya-Chad. Ada pula Gunung Al-ʿUwaynāt, yang memiliki ketinggian 1.934 meter di Libya-Sudan, perbatasan Mesir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Etnis di Libya

Pada awal abad ke-21, populasi Libya mencakup sejumlah besar pekerja migran asing sebagian besar dari negara-negara Afrika sub-Sahara untuk sementara tinggal di negara tersebut. Suku (qabīlah), suatu bentuk organisasi sosial yang memungkinkan pengelompokan orang-orang nomaden yang tersebar di seluruh Libya yang luas dan tatanan sosial untuk sebagian besar sejarah Libya.

Suku Imazighen (Berber) diyakini sebagai penduduk paling awal di Libya. Kelompok utama Amazigh (jamak Imazighen) adalah Luata, Nefusa, dan Adassa. Mereka tinggal di oasis pesisir dan mempraktikkan pertanian menetap.

Kebanyakan Imazighen telah berasimilasi dengan masyarakat Arab kecuali di wilayah Dataran Tinggi Nafūsah, Awjilah, Hūn, Socra, dan Zuwarah. Imazighen Libya berbicara bahasa yang diklasifikasikan sebagai Afro-Asia tetapi telah mengadopsi alfabet Arab.

3. Arab Sebagai Bahasa Resmi di Libya

Hampir semua orang Libya berbicara bahasa Arab, bahasa resmi negara itu. Mereka mengklaim sebagai keturunan dari suku Arab Badui Bani Hilal dan Bani Sulaim, yang dikatakan telah menginvasi wilayah Maghrib di Afrika Utara, letak Libya sekarang pada abad ke-11.

Penganut nasionalisme Arab oleh pemerintah telah mengurangi pengaruh Barat, meskipun bahasa Inggris masih banyak digunakan sebagai bahasa kedua dalam bisnis dan politik internasional. Banyak yang bilingual dalam Nafusi (bahasa Amazigh) dan Arab kebanyakan adalah Muslim Sunni.

Ada juga komunitas dengan jumlah sekitar 30.000 orang yang pernah disebut Gipsi tetapi dikenal di Afrika Utara yang berbicara Domari (bahasa Indo-Eropa). Pengaruh arab ditenggarai migrasi Arab ke wilayah tersebut dimulai dengan kebangkitan Islam pada abad ke-7. Serangan awal Arab pada dasarnya bersifat militer dan memiliki pengaruh yang kecil terhadap komposisi penduduk. 

 

 

3 dari 4 halaman

4. Cadangan Minyak Terbesar di Afrika

Pendapatan per kapita Libya termasuk yang tertinggi di Afrika. Pendapatan minyak tetap menjadi sumber pendapatan utama Libya. Pada awal abad ke-21, minyak dan gas alam menyumbang hampir tiga perempat dari pendapatan nasional dan hampir semua pendapatan ekspor negara, meskipun mereka mempekerjakan kurang dari sepersepuluh angkatan kerja.

Cadangan minyak di Libya adalah yang terbesar di Afrika dan terbesar kesembilan di dunia. Pada 2019 terdapat sekitar 48 miliar barel cadangan minyak di negara ini. Sekitar 85 persen minyak Libya diekspor ke negara-negara di seluruh Eropa. 

5. Wisata Kota Kuno di Libya

Jika berpelesir ke Libya, maka jelajahi ibu kotanya yaitu Tripoli yang merupakan kota kuno dengan benteng membentang di pesisir laut mediterania. Orang Arab menyebut ibu kota Libya ini dengan nama tarabulus al-garb, untuk membedakan dengan Kota Tripoli yang ada di Lebanon.

Sekitar 60 kilometer dari sebelah timur Tripoli terletak sebuah kota romawi bernama Sabratha. Kota ini memiliki arsitektur Romawi kuno yang bersejarah. Sabratha adalah salah satu dari tiga kota besar Romawi di pesisir Libya. Ada banyak benteng pertahanan dan gereja yang dibangun, serta trotoar dengan motif mosaik mengesankan yang bisa disaksikan sampai hari ini.

4 dari 4 halaman

6. Kuliner Shakshouka

Shakshouka adalah kombinasi lezat telur rebus dengan saus tomat pedas. Meski memiliki nama yang tidak biasa, hidangan ini sederhana dan mudah dibuat. Biasanya dibuat dalam wajan di mana bawang, tomat, dan rempah-rempah dimasak hingga membentuk saus tomat yang lezat.

Telur kemudian ditambahkan langsung ke saus tomat dan direbus hingga matang. Sosis Merguez juga bisa ditambahkan ke piring. Dipercaya bahwa shakshouka berasal dari Tunisia, tetapi hidangan ini terkenal dan biasa dimakan di seluruh Afrika Utara dan juga Timur Tengah.

Kuliner terkenal Libya lainnya berasal dari Libya Timur yaitu makaruna imbaukha sebagai hidangan gurih yang dibuat dengan pasta kukus sebagai bahan utamanya. Pasta dipadukan dengan daging (biasanya domba) dan saus kaya yang dibuat dengan mentega, tomat, bawang bombay, buncis, kentang, labu, dan kismis.

Seluruh hidangan biasanya dibumbui dengan cengkeh, daun salam, jahe, lada hitam, dan daun shaiba. Untuk sentuhan akhir, makaruna imbaukha bisa ditaburi air bunga jeruk dan kayu manis. Saat disajikan, pasta secara tradisional disebarkan di tengah piring dan di atasnya ditaburi dengan yang lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.