Sukses

Mengenal Chut Thai, Busana Tradisional Thailand

Beberapa hal di Thailand langsung menjadi ikon seperti busana tradisional Thailand, atau chut thai. Setiap gaya digunakan untuk acara yang berbeda dan ansambelnya dapat dilapisi dengan simbolisme yang kaya.

Liputan6.com, Jakarta - Thailand terkenal dengan ragam budaya yang menarik, salah satunya mengenai busana tradisional Thailand atau chut Thai. Setiap gaya digunakan untuk acara yang berbeda dan ansambelnya dapat dilapisi dengan simbolisme yang kaya.

Dikutip dari laman Thai Embassy, Selasa (7/3/2023), gaya ini diformalkan menjadi delapan busana untuk perempuan yang menghadiri acara resmi oleh Ratu Sirikit, Ibu Suri. Dianggap sebagai ikon mode Thailand, Ibu Suri bertanggung jawab untuk menanamkan kostum nasional dengan identitas Thailand yang berbeda.

Bahasa gaya tidak memerlukan komunikasi verbal, sebaliknya, itu berbicara melalui tekstur, warna, dan desain. Tumbuh dalam sorotan, Ratu Sirikit mengembangkan apresiasi terhadap fesyen sebagai simbol langsung dari identitasnya dan identitas bangsanya.

Sirikit Kitiyakara, lahir dari Pangeran Nakkhatra Mangkala Kitiyakara, tumbuh di lingkungan sosial elit Eropa. Sementara ayahnya menjabat sebagai duta besar Thailand untuk Inggris, Denmark, dan Prancis.

Kejujuran diplomatiknya akan membantunya dengan baik ketika dia menikah dengan Yang Mulia Raja Bhumibol Adulyadej Agung. Bersama-sama, mereka memulai tur bersejarah ke 15 negara yang secara resmi memulai debutnya sebagai pasangan kerajaan.

Karena Ratu Sirikit mewakili Kerajaan di seluruh Barat, Ratu muda dengan cepat menyadari bahwa Thailand tidak memiliki busana resmi. Ia meminta desainer dan peneliti tidak hanya melengkapi lemari pakaiannya untuk acara resmi di iklim sedang, tetapi juga untuk menciptakan busanayang mengomunikasikan identitas Thailand.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

8 Jenis Gaun

Mereka harus membawa elemen busana tradisional Thailand dan terbuat dari tekstil Thailand termasuk sutra. Ia juga menunjukkan preferensi yang kuat untuk gaun tenunan tangan buatan tangan.

Pierre Balmain, seorang couturier Prancis yang mendirikan rumah mode Balmain, bekerja dengan Sirikit selama 22 tahun. Sang desainer merancang serangkaian gaun menakjubkan dari sutra Thailand untuk setiap kesempatan.

Ratu Sirikit memimpin perancang busana dan peneliti untuk menciptakan delapan gaya gaun Thailand yang disebut sebagai chut thai phra rajaniyom (busana Thailand yang disukai kerajaan). Mereka mengambil dari catatan sejarah gaun kerajaan untuk membuat ansambel yang cocok untuk setiap kesempatan, bervariasi dalam formalitas dan kerumitannya.

Chut thai adalah perayaan feminitas dan kehalusan. Berikut kedelapan gaunnya:

Ruean Ton

Ruean Ton terdiri dari blus tanpa kerah dan sarung atau sinh sepanjang mata kaki. Sinh memiliki pola garis-garis, biasanya horizontal dan mengarah ke bagian bawah rok.

Blus itu memiliki lima kancing di tengah dan lengan tiga perempat. Blus boleh memiliki warna yang sama dengan sinh atau polanya atau kontras seluruhnya.

Dinamakan seperti rumah kayu jati Istana Dusit di Bangkok yang dibangun sebagai resepsi yang lebih informal untuk rakyat Raja, ansambel sederhana dan nyaman ini dianggap sebagai chut thai kasual. Kini, Ruean Ton sering dipakai untuk upacara keagamaan dan hari raya, pergi ke kuil, dan sebagai seragam di industri perhotelan.

3 dari 4 halaman

Chitralada

Dinamai Chitralada Royal Villa, Chitralada lebih formal daripada Ruean Ton. Perbedaan utama adalah bahwa blus memiliki kerah berdiri pendek dan seluruh ansambel dapat ditutupi dengan sulaman bunga.

Bergantung pada kain yang digunakan, pakaian ini dapat dikenakan pada upacara siang hari, upacara kerajaan, dan kunjungan resmi dengan pejabat asing yang tidak perlu menunjukkan lencana. Chitralada versi hitam dikenakan saat pemakaman atau selama masa berkabung.

Amarin

Dinamai Amarin Winitchai Throne Hall, Amarin mirip dengan Chitralada, tetapi menggunakan kain yang lebih mewah dan dipasangkan dengan perhiasan mewah. Pakaian sutera juga dapat menggunakan benang emas (brokat sutra), terutama pada sulaman bunga.

Meskipun tidak ada ikat pinggang, pakaian Amarin biasanya dihiasi dengan lencana tergantung pada acaranya. Ansambel ini cocok untuk acara malam, resepsi, teater, upacara dan prosesi kerajaan, pertemuan asosiasi, dan acara lain yang membutuhkan pakaian penuh atau setengah pakaian.

Boromphiman

Dinamakan sesuai dengan Boromphiman Throne Hall, Boromphiman juga menggunakan kain mewah, sutra Thailand atau brokat sutra. Perbedaan utama dari Amarin adalah blus tidak memiliki kancing dan dapat dibuka di bagian depan atau belakang.

Selain itu, blus tersebut dijahit menjadi sinh sebagai satu kesatuan, dan sarungnya dilipat di bagian depan dengan gaya yang dikenal sebagai jeeb wai chai pok. Aksesorisnya juga termasuk ikat pinggang hias. Dianggap formal, Boromphiman dikenakan untuk acara malam dan acara lain yang membutuhkan pakaian lengkap atau setengah, seperti makan malam gala, resepsi kerajaan dan resmi, dan oleh pengantin kerajaan.

4 dari 4 halaman

Dusit

Dinamai Dusit Maha Prasat Throne Hall, Dusit sangat berbeda dari pakaian lainnya. Blusnya tanpa lengan dan kerahnya melebar menjadi leher bulat dan garis belakang.

Ini terbuka di bagian belakang dan dihiasi dengan perhiasan yang dijahit seperti mutiara, manik-manik, dan payet. Ini dikenakan dengan brokat emas yang dilipat di depan dan dipasangkan dengan ikat pinggang. Dusit setara dengan gaun malam formal gaya Barat.

Chakri

Dinamai dari Chakri Maha Prasat Throne Hall, Chakri adalah apa yang kebanyakan orang pikirkan ketika merujuk pada pakaian tradisional Thailand. Terbuat dari brokat benang logam emas atau perak, pakaiannya terdiri dari korset yang dibungkus dengan selendang tunggal atau sabai yang disampirkan di dada di atas bahu yang tidak dominan, memperlihatkan bahu lainnya.

Sinh memiliki lipatan depan yang khas dan ansambel dipasangkan dengan ikat pinggang dan kalung berornamen. Dianggap sebagai gaun malam, Chakri juga dikenakan pada upacara kerajaan dan oleh calon pengantin untuk pertunangan atau upacara pernikahan di siang hari.

Chakraphat

Dinamakan untuk Chakraphat Phiman Throne Hall, Chakraphat mirip dengan Chakri tetapi dianggap lebih elegan. Perbedaan utamanya adalah pakaian ini menggunakan dua sabai berlapis satu sama lain.

Selendang bagian luar seringkali sangat berornamen, dengan sulaman yang detail. Chakraphat sering dilengkapi dengan kalung, ikat pinggang, tiara, ban lengan, gelang, dan anting-anting tergantung pada acaranya. Chakrahat dapat dikenakan untuk jamuan formal dan makan malam resmi.

Siwalai

Dinamai dari Taman Siwalai di Grand Palace, Siwalai terdiri dari blus lengan panjang dengan kerah berdiri pendek, sabai yang disampirkan di dada seperti Chakraphat, dan sinh dengan lipatan depan yang dapat menjadi bagian terpisah atau dijahit menjadi blus sebagai satu gaun yang mirip dengan Boromphiman. Siwalai juga biasa terlihat pada upacara kerajaan atau pada acara siang dan malam yang sangat formal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.