Sukses

Bisa Jadikan Ruangan Tambah Harum, Ini Cara Mudah Membuat Potpourri

Potpourri adalah campuran bunga kering, daun, dan rempah-rempah yang dijadikan sebagai pengharum ruangan.

Liputan6.com, Jakarta Potpourri adalah campuran bunga kering, daun, dan rempah-rempah yang dijadikan sebagai pengharum ruangan. Potpourri telah digunakan sejak zaman kuno untuk memberikan aroma segar pada ruangan dan membantu menghilangkan bau tak sedap. Potpourri merupakan alternatif pengharum ruangan yang alami dan ramah lingkungan karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan tidak menghasilkan asap.

Selain membantu menghilangkan bau tak sedap, potpurri juga bisa memberikan kesan elegan pada ruangan. Potpourri memiliki berbagai macam warna dan bentuk yang menarik dan bisa ditempatkan di wadah yang sesuai dengan gaya dekorasi ruangan.

Bahan-bahan yang biasanya digunakan dalam pembuatan potpourri adalah bunga kering seperti mawar, lavender, dan chamomile, daun kering seperti daun mint dan eucalyptus, dan rempah-rempah seperti kayu manis dan cengkeh. Selain itu, potpourri juga bisa ditambahkan dengan bahan-bahan lain seperti kulit jeruk, biji kapulaga, dan kacang-kacangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Potpourri

1. Pilih Bahan-Bahan

Pilih bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat potpourri. Bahan-bahan yang biasanya digunakan adalah bunga kering seperti mawar, lavender, dan chamomile, daun kering seperti daun mint dan eucalyptus, dan rempah-rempah seperti kayu manis dan cengkeh.

2. Keringkan Bahan-Bahan

Keringkan bahan-bahan yang akan digunakan dengan cara menggantungnya terbalik di tempat yang kering dan terkena sinar matahari langsung. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk mengeringkan bahan-bahan tersebut, Anda bisa membeli bahan potpourri yang sudah kering di toko-toko bunga.

3. Campurkan Bahan-Bahan

Campurkan bahan-bahan yang sudah kering dalam sebuah wadah dan aduk rata. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial untuk memberikan aroma yang lebih kaya.

4. Tambahkan Wadah yang Sesuai

Setelah bahan-bahan sudah dicampur, letakkan potpourri di sebuah wadah terbuka di dalam ruangan. Anda bisa memilih wadah yang sesuai dengan gaya dekorasi ruangan. Wadah yang terbuka akan membantu aroma potpourri menyebar ke seluruh ruangan.

5. Tambahkan Aroma Secara Berkala

Untuk menjaga potpourri tetap segar dan aromatik, tambahkan beberapa tetes minyak esensial atau kembalikan bahan-bahan ke dalam wadah yang baru secara berkala.

3 dari 3 halaman

Inspirasi Aroma Potpourri

Potpourri memiliki berbagai macam aroma yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan Andu. Berikut ini merupakan beberapa inspirasi aroma potpourri yang bisa Anda pilih.

1. Aroma Floral

Aroma floral cocok untuk digunakan di kamar tidur atau ruangan santai karena memberikan kesan yang menenangkan. Bunga-bunga yang biasa digunakan untuk aroma floral adalah mawar, lavender, dan chamomile.

2. Aroma Buah-buahan

Potpourri dengan aroma buah-buahan memberikan kesan yang segar dan energik. Bahan-bahan yang biasa digunakan untuk aroma buah-buahan adalah kulit jeruk, apel, dan lemon.

3. Aroma Rempah-Rempah

Potpourri dengan aroma rempah-rempah memberikan kesan yang hangat dan cocok untuk digunakan di ruangan makan atau ruang keluarga. Rempah-rempah yang biasa digunakan adalah kayu manis, cengkeh, dan biji kapulaga.

4. Aroma Kayu

Potpourri dengan aroma kayu memberikan kesan yang alami dan cocok untuk digunakan di ruangan yang memiliki dekorasi alami atau rustic. Kayu-kayu yang biasa digunakan untuk aroma kayu adalah cedar, pinus, dan kayu oak.

5. Aroma Mediterania

Potpourri dengan aroma mediterania memberikan kesan yang segar dan menenangkan dengan bahan-bahan seperti lavender, rosemary, dan lemon.

6. Aroma Oriental

Potpourri dengan aroma oriental memberikan kesan yang misterius dan eksotis dengan bahan-bahan seperti cengkeh, kayu manis, dan vanila.

Potpourri merupakan pengharum ruangan alami yang bisa dibuat dengan bahan-bahan kering seperti bunga, daun, dan rempah-rempah. Potpourri bisa memberikan aroma segar pada ruangan, menghilangkan bau tak sedap, dan memberikan kesan elegan pada ruangan. Potpourri juga bisa menjadi pilihan hadiah atau souvenir karena bentuk dan aromanya yang menarik.

Anda bisa memilih aroma potpourri yang sesuai dengan keinginan, seperti aroma floral, buah-buahan, rempah-rempah, kayu, mediterania, dan oriental. Dengan cara membuat potpourri sendiri, Anda bisa memilih bahan-bahan yang diinginkan dan menghasilkan potpourri yang sesuai dengan gaya dekorasi ruangan, ya!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.