Sukses

Sabar dan Jangan Emosi Dulu, Ini 4 Cara Menghadapi Pasangan yang Sering Marah

Liputan6.com, Jakarta Sebuah pertengkaran bisa saja terjadi di dalam sebuah hubungan romantis. Alasannya pun beragam, mulai dari karena hal yang sepele hingga yang dianggap serius dan mampu mengancam jalinan yang ada. Pertengkaran ini pun bisa saja lho menyulut emosi dari pasangan. Apalagi bila dirinya adalah seseorang yang sangat tempramental alias gampang marah.

Meski begitu, kamu jangan sampai ikut terbawa emosi juga, nih. Bukannya mengapa, hal itu hanya akan memperkeruh suasana dan bikin hubungan jauh dari kata damai. Karena itu, inilah sederet cara yang bisa dicoba saat menghadapi pasangan yang suka marah. 

1. Diam dan Bersabar Dulu

Dalam menghadapi pasangan yang temperamental dan gampang marah, ada baiknya jika kamu berdiam diri dan bersabar terlebih dahulu. Memilih bersabar dan membiarkan emosinya mereda diyakini merupakan cara yang tepat untuk mempertahankan sebuah hubungan. 

Cobalah ingat-ingat kembali hal baik apa yang telah dilakukan oleh pasangan terhadap dirimu. Dengan begitu, pikiran dan hatimu juga akan merasa lebih baik dan tenang dengan sendirinya.

2. Jangan Terlalu Banyak Berbicara

Terlalu banyak berbicara kepada pasangan yang sedang marah nyatanya hanya akan memperparah emosi yang dia punya. Karena itu, biarkanlah dirinya tenang dulu dan kemudian bicaralah kepadanya secara baik-baik. Jangan sampai membahas hal yang sensitif dahulu. Selain itu, gunakan pula kata-kata yang netral agar pasangan tak kembali tersinggung dan emosi.

3. Belajar Membaca Pikiran dan Perasaannya

Tips selanjutnya yang bisa dilakukan adalah belajar bagaimana membaca pikiran dan perasaan dari pasangan. Ketika kamu sudah berhasil menguasai hal ini, maka akan lebih mudah memahami sifat pemarah yang dimiliki pasangan, termasuk pula penyebabnya. Kamu pun bisa mengetahui bagaimana cara mengatasi sifat tempramental pasangan yang meledak-ledak dan terkadang suka tiba-tiba.

4. Jauhkan Diri Saat Suasana Memanas

Ketika suasana mulai memanas, sebaiknya kamu perlu mengajak pasangan untuk menenangkan diri. Cobalah untuk berbicara kepadanya tentang apa yang membuatnya marah dan sebagainya. Akan tetapi, kamu juga harus menjaga tone suara agar tetap pelan dan tak terkesan marah-marah. Ingat, semakin kamu terbawa suasana, maka semakin buruk pula suasana yang bisa terjadi.

Nah, itu tadi beberapa cara agar bisa menghadapi pasangan yang sering marah. Perlu diingat, bahwa pasangan seperti ini biasanya sangat sensitif sekalipun pada hal kecil. Jadi, untuk kamu, disarankan agar selalu bersabar dan menjadi penenang bagi dirinya, ya. 

Satu saran yang bisa diterapkan jika memiliki tipe pasangan seperti ini. Apalagi kalau bukan sering-sering memberikannya sebuah hadiah. Kamu bisa banget memberikan sebungkus coklat yang manis dan enak. Sehingga, hubungan kamu dan dia pun bisa makin manis dan bertambah romantis. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS