Sukses

Usai Hoaks Undangan Pernikahan, Kaesang Cuek Promosikan Produk Perawatan Kulit Kahiyang Ayu

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono masih terus menarik perhatian di tengah persiapan pernikahan mereka. Yang terbaru, keduanya kembali berada di tengah lampu sorot atensi publik karena hoaks undangan pernikahan digital mereka beredar, yang mana ini sudah dibantah pasangan calon pengantin itu.

Usai hoaks undangan pernikahan itu, Kaesang cuek mempromosikan produk kecantikan dari jenama lokal milik kakaknya, Kahiyang Ayu, Nosuku. "Aku dipaksa endorse sama mba Ayang (sapaan Kahiyang)," kata putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut di Instagram Story-nya, Sabtu, 26 November 2022.

Produk pertama yang dipromosikannya adalah sabun mandi. Tapi, bukan Kaesang namanya jika tidak nyeleneh ketika mengiklankan produk yang dimaksud. Ia berkata, "Harus semangat buat mba Ayang. Mba Ayang jualan sabun sekarang, jadi tolong dibeli. Kalau enggak mau, ya sudah lah."

Selanjutnya, Kaesang memperlihatkan produk lain dari merek tersebut, yakni deodoran. "Buat ketek kalian yang bau, tolong dipakai deodorannya. Kalau enggak mau pakai deodoran ini, yang penting pakai deodoran saja," kelakarnya.

Tidak ketinggalan, Kaesang juga meminta warganet mengikuti akun Instagram Nosuku. "Karena kalau (pengikutnya) bisa tembus 10 ribu, aku dapat kulkas. Katanya aku mau dibelikan kulkas sama mba Ayang. Ayo dukung #KulkasforKaesang," imbuhnya.

Beberapa waktu kemudian, Kaesang kembali memperbarui informasi tentang pengikut Instagram Nosuku, yang mana benar bisa temus 10 ribu. Akhirnya, ia menulis di Instagram Story, "Tolong kulkas 12 pintunya jangan lupa," seraya menandai akun Instagram kakaknya, Kahiyang Ayu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Klarifikasi Erina Gudono

Seperti telah disinggung, Erina Gudono sempat menyampaikan klarifikasi bahwa ia dan Kaesang tidak menerbitkan undangan digital. "Kami mendapat kabar bahwa beberapa teman dan rekan mendapat broadcast undangan digital. Saya dan Kaesang Pangarep tidak menerbitkan undangan digital bentuk apapun," tulisnya di Instagram Story, kemarin.

Bersama pengumuman ini, Erina memperlihatkan undangan digital bernuansa cokelat yang menampilkan foto-foto prewedding-nya dengan Kaesang.

"Jadi undangan digital yang beredar salah satunya dari @jadinikah.co ini, bukan undangan kami," sambung Puteri Indonesia Yogyakarta 2022 itu. "Karena kami tidak membuat dan menyebar undangan digital."

Ia juga mengimbau siapa pun yang menerima undangan digital palsu itu untuk tidak mengisi data konfirmasi kehadiran yang tertera di sana. "Mohon untuk tidak mengisi data konfirmasi kehadiran pada undangan digital @jadinikah.co atau yang lainnya yang beredar," pinta Erina.

Tidak ketinggalan, Erina juga meminta vendor undangan lebih bijak lagi dan tidak membuat kabar simpang siur karena informasi yang diberikan pun ternyata salah.

3 dari 4 halaman

Konsep Pesta Rakyat

Sementara undangan digital yang beredar dinyatakan palsu, Taman Pura Kemangkunegaraan di Solo telah dilaporkan akan jadi lokasi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gundono, lapor kanal News Liputan6.com. "Ada dua persiapan memang. Satu kegiatan untuk masyarakat di mana ada festival kecil dan hiburan, tapi juga ada pernikahan," kata Menteri BUMN Erick Thohir yang dipercaya Jokowi meninjau lokasi tersebut.

Erick memastikan bahwa nantinya akan ada sejumlah panggung yang tersebar di Taman Pura Kemangkunegaraan. Masyarakat umum nantinya bisa menikmati suguhan tersebut,sembari menghadiri pernikahan Kaesang dan Erina yang digadang berlangsung pada 10 Desember 2022.

"Akan ada festival kecil-kecilan. Ada sembilan panggung yang akan dirasakan kemeriahannya oleh masyarakat Solo. Ya semacam itu (pesta rakyat)," beber Erick.

Selain itu, maskawin Kaesang untuk Erina juga telah diungkap Kepala KUA Kecamatan Depok Yogyakarta, Muhammad Wiyono. Ia mengatakan, pihak Erina telah mendatangi kantor KUA Depok Yogyakarta untuk melengkapi data-data pernikahan .

"Ya, (datang) untuk kroscek data yang sudah masuk. Sambil melengkapi data yang masuk, kita cocokkan pada yang bersangkutan," sebut Wiyono.

 

4 dari 4 halaman

Lokasi Akad Nikah

Dari data tersebut, tercatat bahwa maskawin pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono adalah seperangkat alat salat dan uang tunai senilai Rp300 ribu. "Sementara itu," sebut Wiyono.

Lain dengan resepsi, akad nikah mereka akan berlangsung di Royal Ambarrukmo Yogyakarta. Kabar tersebut diketahui dari Kepala KUA Mlati Yogyakarta, Sigit Purnomo, yang membenarkan bahwa surat numpang nikah Kaesang dan Erina telah terbit 1pada 6 November 2022.

Ibunda Erina disebut sebagai pihak yang mengurus berkas surat numpang nikah karena lokasi akad tidak berada di lingkungan tempat tinggalnya di kecamatan Mlati, Yogyakarta. "Jadi tugas kami adalah membuat surat pengantar numpang nikah. Kita sudah buatkan pada 16 November 2022 untuk pengantar ke KUA Depok,” kata Sigit, dikutip dari kanal Showbiz Liputan6.com

Diberitakan sebelumnya bahwa Presiden Jokowi sempat sidak ke Royal Ambarrukmo pada 16 Oktober 2022. Kedatangannya itu menguatkan isu Kaesang dan Erina bakal menggelar akad nikah di sana. Ketika itu, pihak Istana maupun Royal Ambarrukmo masih belum mau menjelaskan detail akad nikah pasangan itu.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS