Sukses

Hemat Budget, Ketahui 6 Produk Skincare yang Tidak Terlalu Efektif untuk Kulit

Wah, Ternyata 5 Skincare ini Tidak Terlalu Penting Digunakan

Liputan6.com, Jakarta Perawatan kulit adalah sesuatu hal yang wajib diperhatian setiap wanita. Sebab, perawatan kulit jauh lebih penting daripada makeup.

Dalam beberapa tahun terakhir, kita semua melihat bagaimana persepsi orang tentang kecantikan mulai berubah dan mulai lebih peduli untuk menjaga kulit agar terlihat sehat dan bercahaya. 

Di satu sisi, itu adalah hal yang baik, karena semakin banyak pilihan produk yang beredar di pasaran dan untuk setiap jenis kulit memiliki solusinya masing-masing. Namun, di sisi lain, muncul tren perawatan kulit yang semata-mata hanyalah gimmick belaka.

Produk yang sebenarnya tidak kamu butuhkan justru dipromosikan besar-besaran pada media sosial dengan mengatakan bahwa produk ini adalah “life-changing”. Sehingga kamu mungkin rela mengeluarkan uang lebih untuk membeli produk-produk tersebut. 

Dilansir dari HerBeauty, terdapat beberapa produk perawatan kulit yang sebenarnya tidak terlalu kamu perlukan untuk memiliki kulit sehat dan berseri. 

1. Cleaning Device

Mungkin kamu sudah familiar dengan produk yang satu ini. Produk ini berguna untuk membersihkan wajah dari sisa debu dan kotoran. Produk ini sering dipromosikan sebagai alat yang penting dalam melakukan rutinitas skincare kamu. Namun, faktanya tidaklah benar. Membersihkan wajah memang penting, tetapi tidak perlu memerlukan alat. 

Alat tersebut justru bisa meninggalkan dampak negatif. Bulu-bulu pada cleaning device bisa jadi tidak higienis karena bakteri dapat berkembang di sana, namun kamu memakainya lagi ke wajahmu. Selain itu juga kulit tidak boleh digosok dengan sikat terlalu keras, hal itu dapat merusak kulitmu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Nose Strips

Kita semua setidaknya pernah mencobanya sekali, berharap komedo dapat hilang dengan sekali tarikan nose strips. Apa kamu sebut komedo bisa jadi bukanlah komedo, tetapi hanya kelenjar sebaceous, atau hanya pori-pori kamu. Jadi, kamu sebenarnya tidak perlu strip hidung dan kamu bisa gunakan skincare eksfoliasi untuk menghilangkan komedo.

3. Jade Roller

Jade roller, salah satu alat perawatan wajah yang sempat viral di media sosial. Namun, ternyata alat yang satu ini tidak terlalu efektif untuk digunakan. Tidak perlu menggunakan jade roller, kamu bisa menggunakan tangan untuk memijat bagian wajahmu setelah melakukan skincare routine.

4. Vitamin E

Kapsul Vitamin E sering disebut sebagai solusi untuk menghilangkan stretch mark atau bekas luka. Sehingga orang-orang membeli vitamin E dan memakainya di kulit dengan harapan dapat menghilangkan bekas jerawat, pigmentasi, bekas luka, stretch mark, dan lain-lain. Faktanya, belum ada penelitian yang mengatakan bahwa vitamin E dapat menghilangkan bekas luka. Apalagi, tidak semua jenis kulit cocok dengan vitamin E.

5. Pore Vacuum

Mungkin kamu sudah pernah menggunakan alat yang satu ini untuk membersihkan pori-pori di wajahmu. Kamu berpikir bahwa dengan memakai alat ini, wajahmu akan lebih bersih dari minyak dan kotoran. Justru, dengan penggunaan alat ini dapat menghasilkan lebih banyak minyak dan yang terburuk dapat merusak kulit kamu.

3 dari 3 halaman

6. Toner Wajah

Sebelumnya penggunaan toner sangat penting untuk menyeimbangkan PH kulit setelah mencuci muka atau menyegarkan muka. Akan tetapi, saat ini telah banyak sabun muka dengan kandungan yang aman dan lembut sehingga membuat toner kurang berguna. Toner tidak membahayakan namun sebenarnya tidak terlalu memberikan efek yang besar.

Itulah 6 produk perawatan kulit yang tidak terlalu penting untuk digunakan. Setelah ini kamu bisa lebih berhemat dan membeli produk skincare sesuai kebutuhan dan jenis kulitmu.

 

Penulis: Kadek Argyanti Paramahita

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini