Sukses

Bikin Teringat Masa Kecil, Inilah 4 Jajanan Jadul yang Bisa Dinikmati Hingga Sekarang

Meskipun waktu terlalu berlalu jauh, namun jajanan jadul tetap bisa bertahan di tengah menjamurnya makanan yang lebih modern. Lantas, makanan jadul seperti apakah yang masih bisa ditemui dan dinikmati di masa sekarang?

Liputan6.com, Jakarta Jajanan jadul terkadang memang bisa bikin rindu dengan masa kecil. Rasanya yang enak dan bentuknya yang bikin nostalgia, membuat diri ingin kembali ke masa lalu dan mengulangi momen-momen bahagia ketika masih anak-anak. Selain itu, jajanan zaman dulu ini juga memberikan kenangan yang berharga dan sulit untuk dilupakan.

Meskipun waktu terlalu berlalu jauh, namun jajanan jadul tetap bisa bertahan di tengah menjamurnya makanan yang lebih modern. Ini karena makanan ini tak akan pernah bisa tergantikan dan selamanya memiliki tempat di dalam hati. Lantas, makanan jadul seperti apakah yang masih bisa ditemui dan dinikmati di masa sekarang?

1. Lidi-Lidian

Anak-anak yang lahir di tahun 90-an tahun 2000 pasti sudah tak asing dengan jajanan satu ini. Sama seperti namanya, yakni Lidi-Lidian, jajanan ini berbentuk panjang yang menyerupai sebuah sapu lidi. Rasanya yang asin dan gurih, disertai juga sensasi pedas, membuat jajanan ini bikin ketagihan dan ingin nambah lagi.

Meskipun jadul, Lidi-Lidian bisa ditemukan secara mudah di berbagai warung atau toko. Makanan ringan ini masih tetap eksis dan dicintai oleh banyak masyarakat Indonesia, dari anak kecil hingga orang dewasa. Kini, variannya pun dibuat beragam agar bisa menyesuaikan tren yang ada.

2. Rambut Nenek

Mendengar kata ‘jajanan jadul’, pasti yang pertama kali diingat adalah Rambut Nenek, bukan? Jajanan ini bisa dibilang sebagai legendanya dari makanan ringan yang ada semenjak zaman dulu. Makanan yang terbuat dari lelehan gula pasir ini dulunya sering menjadi incaran para anak kecil.

Rasanya yang manis serta teksturnya yang mudah meleleh di dalam mulut, membuat Rambut Nenek jadi favorit kebanyakan orang. Bahkan, sangkin banyaknya peminat, jajanan ini masih terus bertahan dan bisa ditemukan di mana-mana. Apalagi warnanya yang menarik hati, semakin membuat para pecinta kuliner semakin ingin mencicipinya.

3. Donat Gula

Jajanan yang satu ini juga tak boleh dilupakan keberadaannya. Bentuknya yang bulat dan rasanya yang manis, membuat Donat Gula masih memiliki penggemar tetap bahkan hingga sekarang. Apalagi, harganya yang murah dan pas di kantong, juga menyebabkan makanan ini semakin jadi incaran oleh orang-orang.

Meski tampilannya masih tradisional, Donat Gula juga tak kalah saing dengan dessert yang lebih modern. Pasalnya, kue yang memiliki lubang di tengahnya ini, sudah melekat dan menjadi bagian dari hidup banyak orang. Maka tak heran, masih ada saja yang mencari-cari jajanan ini di mana-mana.

4. Cilok

Cilok alias aci dicolok menjadi jajanan jadul berikutnya yang tak pernah lekang akan waktu. Makanan yang berasal dari Jawa Barat ini memiliki bentuk yang bulat serta rasa gurih yang nikmat. Dengan tambahan kecap manis dan sambal yang pedas, semakin membuat panganan ini menjadi sempurna untuk disantap.

Biasanya anak-anak zaman dahulu menyantap makanan ringan ini bersama para sahabat. Di kala usai bermain dan merasa lapar, maka Cilok sering jadi solusi yang tepat untuk dipilih. Hingga kini, olahan dari tepung ini masih bisa sering dijumpai di mana-mana. Misalnya saja di pinggiran jalan atau di dekat sekolahan.

Itulah beberapa jajanan jadul yang bikin nostalgia anak-anak kelahiran 90-an dan 2000-an. Mana yang menjadi favoritmu?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini