Sukses

Yuk! Berhemat dengan Terapkan Mindful Shopping dalam Kehidupan Sehari-hari!

Liputan6.com, Jakarta Kamu memiliki masalah tidak bisa melakukan kontrol atas apa barang yang kamu belanjakan? Apalagi kalau sudah masuk tanggal tua, mungkin kamu dengan mudahnya menghabiskan sisa gaji hanya untuk beli sesuatu yang tidak menjadi kebutuhan ya kan? Jika kamu mengalami masalah seperti itu, mungkin saja kamu tidak sepenuhnya menerapkan mindful shopping lho!

Jika kamu sudah menerapkan mindful shopping, kamu bisa semakin efektif dalam berbelanja. Mulai dari berpikir lebih hati-hati terkait dengan apa yang ingin dibeli, tahu kebutuhan yang urgent, hingga mempertimbangkan dampak di kemudian hari ketika kamu membeli suatu barang. Ya, pada intinya sih, dengan menerapkan mindful shopping, kamu bisa mengemat uang dan waktu ya!

Seorang perancang busana Vivienne Westwood membuat pernyataan bahwa ada tiga tindakan sederhana yang dapat mengubah cara kamu berbelanja, membelanjakan uang, dan hidup. Seorang pembelanja yang sadar adalah orang yang berpikir dengan hati-hati tentang apa yang mereka beli. Mereka mempertimbangkan dampak pembelian terhadap kehidupan mereka sebelum mereka membeli barang tersebut.

Nah, kamu belum sepenuhnya menerapkan mindful shopping? Kurang paham langkah apa saja yang harus diambil? Atau apakah hingga sekarang belum tahu apa itu mindful shopping? Untuk itu, kamu perlu simak tips di bawah ini!

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

1. Pahami Keinginan dan Kebutuhan

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara membedakan mana yang menjadi keinginan belaka dan mana yang menjadi kebutuhan. Sebelum berbelanja, kamu harus berpikir secara matang terlebih dahulu ya! Kamu harus merencanakan kebutuhan jangka pendek dan juga panjang. Itu dilakukan agar tidak timbul rasa impulsif yang hadir ketika berbelanja.

2. Buat Daftar Tertulis

Langkah kedua, kamu bisa membuat daftar tertulis terkait dengan barang apa yang seharusnya kamu beli. Langkah ini bisa mengurangi daftar belanja hanya berdasar pada keinginan semata ya! Langkah ini juga bisa menghemat anggaran lho! 

Selain itu, langkah ini juga bisa mengalihkan perhatian kamu yang dipenuhi oleh rasa keinginan semta ketika di sebuah toko ya! Karena kamu hanya fokus pada daftar belanja yang sudah ditulis. Yang paling penting, dengan menggunakan daftar belanja yang tertulis, kamu tidak akan mudah terpengaruh oleh rangkaian promo menarik dan juga trik penjualan lainnya!

3 dari 3 halaman

3. Tahan Godaan Promo!

Siapa sih yang tidak pernah melihat diskon atau beragam penawaran menarik lainnya di sebuah toko? Siapa juga sih yang tidak tertarik dengan tawaran menarik tersebut? Yup! Jika kamu mendapati penawaran promo seperti itu, kamu harus berpikir dua, tiga, hingga empat kali ya untuk membelinya!

Bukan terkesan pelit, tapi harus ada perhitungan yang tepat lho! Kamu juga harus kembali bertanya pada diri sendiri, apa barang itu merupakan sebuah kebutuhan atau keinginan semata. Jangan sampai tergoda dengan ragam promo seperti itu, apabila kamu ingin menerapkan hidup hemat dan mindful shopping ya! Intinya, kamu harus mulai berpikir, "Buy less, choose well, make it last".

 

4. Mulai Utamakan Kualitas, Bukan Kuantitas

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan membedakan antara berbelanja berdasarkan kualitas dan berdasarkan kuantitas. Yup, karena dengan kamu mempertimbangkan kualitas, barang yang sudah kamu belanjakan, waktu awetnya menjadi semakin lama ketimbang yang tidak berkualitas. Kamu harus pastikan di mana kamu belinya, tokonya, hingga cara perawatannya ya!

Nah, itu dia empat langkah sederhana bagaimana caranya kamu menerapkan mindful shopping ya! Apakah sudah tertarik untuk menerapkannya?

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.