Sukses

Mengapa Adik Jokowi dan Ketua MK Pakai Kain Batik Motif Sidomulyo Saat Menikah?

Liputan6.com, Jakarta Adik Presiden Joko Widodo (Jokowi), Idayati resmi dinikahi Ketua MK (Mahkamah Konstitusi) Anwar Usman pada Kamis (26/5/2022). Jokowi bertindak sebagai wali nikah dalam prosesi ijab kabul yang berlangsung di Gedung Graha Saba Solo.

Dikutip dari Antara, Idayati lebih dulu memasuki lokasi akad nikah dengan diapit kedua saudarinya, Iit Sriyantini dan Titik Ritawati. Pengantin wanita itu terlihat cantik dengan mengenakan kebaya berdesain simpel berwarna krem keemasan. Mempelai pria tampil senada dengan beskap.

Busana pengantin yang dikenakan pengantin baru itu dipesan dari Chili Kebaya. Pemilik usaha itu, Doddy Nanjaya mengatakan tidak ada permintaan khusus yang diajukan pasangan itu saat memesan baju pengantin darinya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Hanif Aisyah, istri Doddy yang juga pembuat kebaya pengantin bagi Idayati. Ia mengatakan adik Jokowi itu hanya meminta desain kebayanya terkesan simpel tetapi elegan.

"Tamu beliau awalnya kan sederhana saja, tetapi tidak bisa dihindari kalau acara pernikahan harus besar. Dari desainnya Bu Ida tidak ada permintaan khusus, yang penting cocok beliaunya," katanya.

Hal menarik lainnya adalah pemilihan kain jarik yang menjadi bawahan kebaya. Ia memilihkan motif batik Sidomulyo. "Karena beliau sudah pernah menikah, jadi motifnya Sidomulyo. Kalau untuk motif Sidomukti kan buat yang belum pernah menikah," katanya.

Motif Sidomulyo merupakan batik khas Keraton Solo, Jawa Tengah. Batik jenis ini biasanya dilukis menggunakan zat pewarna soga alam yang berwarna cokelat. Penggunaan warna dari macam-macam motif batik ini menunjukkan bahwa batik Sidomulyo termasuk jenis batik klasik atau kuno.

Dilihat dari namanya, Sido yang berarti jadi atau terus menerus, dan Mulyo berarti mulia atau sejahtera. Filosofi ini menggambarkan kehidupan yang terus menerus diliputi kemuliaan dan kesejahteraan walau diliputi kesusahan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Bawa Keris

Hanif menjelaskan kebaya pengantin wanita untuk akad berdesain model hewes dengan material kain brokat. Sementara, mempelai pria menggunakan model beskap sikepan dengan kain beludru.

Dalam proses pembuatannya, Hanif mengaku tidak ada yang dipermak. Semua langsung pas saat proses fitting dilakukan. "Beliau sosok yang humoris dan ramah, jadi ketika fitting kami juga tidak tegang," ia menerangkan.

Melengkapi busana pernikahan, Hanif menyebut mempelai pria juga mengenakan keris Dhapur Naga Kemayan Luk 5 Tinangguh Mataran Sultan Agung yang berornamen regol bersayap. "Sebetulnya untuk keris ada beberapa pilihan, tapi oleh keluarga yang paling di hati ya ini. Keris ini koleksi pribadinya Pak Arif (adik ipar Presiden Jokowi)," katanya.

Mempelai akan berganti baju yang bertema warna merah marun saat pesta resepsi digelar. Hanif mengaku total ada 50 potong baju yang dipesan oleh kedua calon mempelai, keluarga, dan panitia yang terlibat dalam acara tersebut.

"Ada beskap dan kebaya," ujar Hanif.

 

 

 

 

 

 

 

3 dari 4 halaman

Prosesi Akad Nikah

Sementara itu, Presiden Jokowi terlihat mengenakan beskap hitam yang dipadankan dengan blangkon Solo. Sementara, Iriana Jokowi mengenakan kebaya brokat berwarna hijau. Dalam kesempatan tersebut, Iriana didampingi putranya, Gibran Rakabuming Raka, dan istrinya, Selvi Ananda yang mengenakan kebaya berwarna merah.

Prosesi akad nikah dimulai pukul 09.00 WIB. Ketua MK itu mampu mengucapkan ijab kabul dengan lancar tanpa diulang. Sebagai mahar, Anwar memberikan seperangkat alat shalat dan sebuah jam tangan.

Dalam proses akad nikah, Wakil Presiden Ma'ruf Amin menjadi saksi dari mempelai wanita dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa bertindak sebagai saksi dari pihak mempelai pria. Sedangkan, Kepala KUA Banjarsari Surakarta Arba'in Basyar bertugas sebagai penghulu.

Ma'ruf beserta istrinya, Wury Ma'ruf Amin, tiba di Gedung Graha Saba Buana, Surakarta, Jawa Tengah, pada Kamis pagi. Ia tampil mengenakan setelan jas hitam dan kemeja putih dibalut dasi merah serasi dan istrinya mengenakan kebaya bernuansa broken white senada dengan kerudung cokelat dan selendang motif batik.

 

4 dari 4 halaman

Sosok Idayati

Idayati lahir pada 26 Mei 1966. Wanita berusia 55 itu sebelumnya sudah menikah dengan Hari Mulyono yang meninggal pada 24 Semptember 2018 akibat penyakit strok.

Dari pernikahan itu, dia dikaruniai dua anak, Septiara Silvani Putri dan Aditya Rimbo Galih Samudra. Adik Jokowi ini merupakan anak keempat pasangan Widjiatno Notomihardjo dan Sudjatmi Notomiharjo.

Sementara, Anwar Usman lahir pada 31 Desember 1956. Ia merupakan Ketua MK ke-6 yang berasal dari Kecamatan Bolo, Bima, Nusa Tenggara Barat. Almarhum istri pertamanya bernama Suhada yang berprofesi bidan di sebuah rumah sakit. Dari pernikahan itu, mereka memperoleh tiga orang anak bernama Kurniati Anwar, Khairil Anwar, dan Sheila Anwar.

Melalui pesan nikah Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar berharap agar pasangan baru tersebut selalu dilimpahkan kebahagiaan.

"Perkawinan mempertemukan hal yang berbeda, cita-cita perkawinan untuk menciptakan kebahagiaan. Perkawinan akan saling memaafkan, cinta yang sejati akan saling memaafkan segalanya. Perkawinan yang ideal mengerti satu sama lain," katanya.