Sukses

Sosok Perempuan yang Berhasil Taklukkan Gunung Everest Sebanyak 10 Kali

Lhakpa Serpha, sosok perempuan Nepal yang tinggal di AS yang berhasil menaklukkan Gunung Everest sebanyak 10 kali.

Liputan6.com, Jakarta - Pada usia 48 tahun, Lhakpa Sherpa baru saja mendaki Gunung Everest untuk ke-10 kalinya, tetapi sepanjang hidupnya dia telah menghadapi tantangan dan menemuinya. Prestasinya yang ke-10, dilaporkan oleh saudara laki-lakinya dan dikonfirmasi oleh seorang pejabat Nepal, menjadikannya wanita pertama yang melakukannya.

Ibu tunggal Nepal ini lahir di sebuah gua, tidak memiliki pendidikan formal dan bekerja sebagai petugas kebersihan. Dia terakhir melakukan pendakian 8.848,86 m (29.031,69 kaki) pada tahun 2018, dikutip dari BBC, Sabtu, 14 Mei 2022.

"Saya merasa seperti saya telah mencapai impian saya ketika saya mencapai puncak Everest untuk pertama kalinya," katanya kepada BBC menjelang pendakian Kamis. "Saya berpikir, 'Tidak lagi hanya menjadi ibu rumah tangga!'

"Saya merasa seperti telah mengubah budaya Sherpa, status wanita Sherpa dan wanita Nepal. Saya menikmati berada di luar rumah saya dan saya ingin berbagi perasaan itu dengan semua wanita."

Lhakpa dipilih oleh BBC sebagai salah satu dari 100 wanita paling inspiratif dan berpengaruh untuk tahun 2016. Berita tentang pertemuan puncaknya yang ke-10 disampaikan oleh saudara laki-lakinya Mingma Gelu Sherpa, yang mengatakan bahwa dia telah mencapai puncak pada pukul 06:15 (00:30 GMT). Pejabat pariwisata Nepal Bhishma Kumar Bhattarai mengkonfirmasi laporan tersebut untuk kantor berita Reuters.

Berbicara dari base camp sebelumnya, putri bungsunya Shiny, 15, mengatakan kepada BBC bahwa dia bersemangat dan sangat memperhatikan kemajuan ibunya. "Saya mengagumi ibu saya," katanya. "Dia telah mencapai begitu banyak meskipun dia tidak punya apa-apa."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lahir di Gua

Namun, kerja keras dan prestasi Lhakpa belum diterjemahkan ke dalam kekayaan dan pengakuan. Dia memulai kehidupan di sebuah desa lebih dari 4.000 m (13.000 kaki) di atas permukaan laut di wilayah Makalu di Nepal timur.

Dia adalah anggota kelompok etnis Sherpa, keturunan dari orang Tibet nomaden, yang terbiasa tinggal di dataran tinggi yang tidak bersahabat. "Saya lahir di sebuah gua," katanya, tertawa terbahak-bahak. "Saya bahkan tidak tahu tanggal lahir saya. Paspor saya mengatakan saya 48 tahun."

"Saya ingat harus berjalan berjam-jam, kadang-kadang membawa saudara laki-laki saya ke sekolah, hanya untuk ditolak ketika saya sampai di sana. Pada saat itu, anak perempuan tidak diizinkan pergi ke sekolah."

Pertanian adalah andalan desanya, yang tidak memiliki listrik. Apa yang dimilikinya adalah tetangga magis tertentu. "Saya tumbuh tepat di sebelah Everest," kenangnya. "Saya bisa melihatnya dari rumah saya. Everest terus menginspirasi dan menggairahkan saya."

Sejak penaklukan pertama gunung itu pada 1953, semakin banyak orang mencoba mendaki puncaknya setiap tahun. Mereka yang melakukannya pasti menyewa pemandu dan porter Sherpa. Tetapi beberapa Sherpa, seperti Lhakpa, berangkat untuk menjadi pendaki gunung dengan caranya sendiri.

Itu bukan transisi yang mudah. Orang tua Lhakpa tidak mendukungnya. "Ibuku bilang aku tidak akan pernah menikah," katanya kepada BBC. "Dia memperingatkan saya bahwa saya akan menjadi terlalu maskulin dan tidak diinginkan. Penduduk desa mengatakan kepada saya bahwa itu adalah pekerjaan laki-laki dan saya akan mati jika saya mencobanya."

Dia menepis kekhawatiran itu dan berhasil mencapai puncak tertinggi Everest pada 2000. Pada 2003, dia menjadi wanita pertama yang mendaki Everest tiga kali, dan rekor lainnya menyusul.

 

3 dari 4 halaman

Pernikahan

Selama pendakiannya pada 2003, dia bergabung dengan saudara laki-laki dan perempuannya, menjadi tiga bersaudara pertama secara bersamaan di gunung setinggi 8.000 meter. Guinness Book of World Records mengakui prestasi tersebut.

Dia kemudian menikah dengan pendaki kelahiran Rumania yang berbasis di AS George Dijmarescu, dan mendaki puncak bersamanya lima kali. Setelah menikah dia pindah ke AS, tetapi hubungan itu berakhir dengan perceraian yang sengit pada 2015.

Lhakpa sekarang tinggal di negara bagian Connecticut AS bersama dua putrinya. Dia juga memiliki seorang putra dari hubungan sebelumnya. Selama ekspedisi awalnya, dia biasa mengibarkan bendera Nepal di puncak. Kali ini, dia membawa bendera AS.

Namun prestasinya gagal menarik perhatian media dan sponsor. Selama bertahun-tahun dia hidup tanpa pengakuan, dan bekerja dengan upah minimum. "Pekerjaan saya termasuk merawat orangtua, membersihkan rumah dan mencuci piring," katanya.

"Saya tidak menghasilkan banyak uang. Saya tidak mampu membeli pakaian atau membayar potong rambut. Saya hanya harus fokus merawat anak-anak saya dan berharap saya punya cukup uang untuk kembali ke Everest."

Tapi dia mempertahankan gairah untuk mendaki. Dia naik dua kali sebagai pemandu, dan pada beberapa kesempatan teman dan keluarga membantu mendukung perjalanannya.

4 dari 4 halaman

Doa Adat

Mendaki gunung "tidak terlalu bermanfaat dibandingkan dengan risiko yang ada", katanya, tetapi dia yakin itu membantunya melarikan diri dari apa yang seharusnya menjadi kehidupan duniawi di desa.

Secara finansial, segalanya mulai berubah setelah dia belajar berbicara bahasa Inggris dengan baik. Dia memberikan wawancara, dan berbicara di acara-acara.

Dia mendapat sponsor untuk skala kesembilan dari puncak. Tapi kali ini, yang ke-10, dia mengumpulkan uang melalui crowdfunding. Lhakpa selalu memulai perjalanannya dengan doa adat. Keselamatan adalah prioritas terbesarnya.

Lebih dari 300 orang tewas saat mencoba mendaki Gunung Everest, sehingga Lhakpa dan timnya harus melewati mayat yang diawetkan oleh es. "Gunung menentukan cuaca," katanya. "Saat cuaca buruk saya hanya akan menunggu. Kami tidak bisa bergulat di gunung."

"Melewati 8.000 m, saya merasa seperti zombie," katanya. "Kamu tidak bisa makan dan semuanya beku. Kamu harus mendaki di malam hari agar bisa turun dari puncak di siang hari. Menakutkan."

Pendaki mendapatkan sedikit waktu di puncak. Untuk Lhakpa, hanya lima sampai 10 menit - waktu yang cukup untuk berfoto dan merenungkan semua orang yang mendukung pendakiannya.

Dia tidak memiliki rencana untuk pensiun setelah musim ini. Dia ingin mendaki K2, puncak tertinggi kedua di dunia. Dia juga berpikir untuk mendaki Everest di masa depan bersama putra dan putrinya, karena "mendaki gunung adalah hasrat saya dan inilah yang ingin saya lakukan."

"Saya memiliki kehidupan yang menantang," tambahnya. "Gunung membuat saya bahagia dan santai. Saya tidak akan pernah menyerah. Saya ingin wanita muda tidak menyerah."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.