Sukses

Jelajahi Destinasi Eksotis Bersama Bestie Sebelum Nonton MotoGP Mandalika 2022

Liputan6.com, Jakarta Perhatian masyarakat dunia sekarang tertuju kepada Indonesia, tepatnya Mandalika, Nusa Tenggara Barat yang menjadi lokasi perhelatan ajang balap motor bergengsi MotoGP 2022.

Bukan hanya para kontestan MotoGP dan media internasional yang berbondong-bondong datang, penggemar MotoGP dari seluruh wilayah Indonesia dan luar negeri juga mempersiapkan diri untuk mendatangi Mandalika yang berada di Pulau Lombok ini.

Pengalaman ke Mandalika semakin spesial karena di samping bisa menonton gelaran MotoGP Mandalika 2022, para penggemar juga memiliki kesempatan untuk menjelajahi destinasi eksotis bersama bestie. Berikut rekomendasi nya untuk kamu yang ingin liburan #DiIndonesiaAja:

1. Gili Gede

Sebagai pulau terbesar dan paling terkenal Gili Gede terletak di Sekotong, Lombok Barat. Gili Gede menyuguhkan pesona pantai pasir putih, pepohonan hijau, dan suasana yang lekat dengan kearifan lokal.

Gili Gede memiliki daratan yang memikat di sepanjang pulau maupun pantai dengan sejumlah spot instagramable. Kondisi perairan yang jernih membuat wisatawan bisa menjelajahi perairan dengan kapal kecil serta snorkeling sambil melihat pemandangan bawah laut yang memiliki kumpulan terumbu karang yang cantik. Sebagai pulau wisata yang lumayan besar, tak sulit menemukan penginapan di wilayah Gili Gede. Kamu bisa menjelajah banyak tempat di Gili Gede lebih lama tanpa khawatir soal tempat bermalam.

2. Gili Nanggu

Gili Nanggu menawarkan hamparan pasir putih yang lembut dengan air laut berwarna gradasi biru jernih. Suasananya yang begitu tenang dan damai menjadikan Gili Nanggu destinasi favorit bulan madu dengan penginapan yang berbentuk seperti rumah adat Lombok yang berjejer di tepi pantai.

Bukan hanya menjajal snorkeling dan diving, di Gili Nanggu juga bisa berburu foto keren dengan pelesiran ke pulau-pulau kecil di sekitar termasuk ke Gili Sudak dan Gili Kedis. Eksotisme trio gili ini bisa disandingkan dengan Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air yang lebih dahulu ramai dikunjungi wisatawan. Menariknya, Gili Nanggu juga punya penangkaran penyu khusus lho!

2 dari 3 halaman

3. Pantai Bangko-Bangko

Pantai Bangko-Bangko yang juga dikenal sebagai Desert Point ini memang memiliki karakter yang berbeda dengan pantai lain. Diantaranya adalah karakter ombaknya yang cukup besar dan seru untuk bermain selancar. Tak heran bisa menjadi spot favorit peselancar nasional maupun internasional.

Seperti pantai di daerah Sekotong lainnya, pantai Bangko-Bangko juga memiliki karakter pasir pantai yang halus dengan area pantai yang cukup luas. Sehingga banyak aktivitas yang dapat dilakukan pengunjung seperti bersantai di tepi pantai, bermain bola, hingga berenang dan berendam manis.

Keindahan Pantai Bangko-Bangko semakin lengkap dengan adanya Hutan Taman Wisata Alam Bangko-Bangko. Kekayaan vegetasi alami di hutan ini akan memanjakan siapa saja yang datang dan menyusurinya.

4. Pantai Selong Belanak

Panorama indah selanjutnya yang bisa kamu eksplor adalah pantai Selong Belanak yang juga dikenal sebagai Hawaii-nya Lombok karena menyuguhkan keindahan pantai pulau tropis dengan segala keunikannya.

Daya tarik pantai ini adalah pasir putih yang lembut, laut yang jernih, pepohonan hijau dan keindahan langit sekitar. Selanjutnya, keistimewaan pantai ini adalah memiliki dua jenis ombak, yaitu ombak kuat yang agresif dan ombak yang tenang. Pantai dengan ombak yang kuat dan agresif ini menjadi favorit para peselancar, sementara ombak yang tenang lebih cocok untuk aktivitas berenang, snorkeling, dan diving.

5. Pantai Kuta

Jika ingin plesiran tak jauh dari Sirkuit Mandalika, maka kamu bisa memilih pantai Kuta dan Mandalika. Berbeda dengan Kuta Bali, Kuta Lombok ini memiliki pemandangan alam yang yang luar biasa indah karena dikelilingi perbukitan warna hijau dan warna biru laut yang menawan.

Kamu bisa melihat banyak bukit berjajar dan salah satunya yang terkenal adalah bukit Mandalika. Pantai Kuta ini sangat populer di Lombok, sehingga banyak penginapan atau hotel di sekitar pantai, termasuk Resort Mandalika.

3 dari 3 halaman

6. Pantai Tanjung Aan

Bergeser ke sebelah timur Sirkuit Mandalika, kamu dapat mengeksplor Pantai Tanjung Aan yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia dan dikeliling perbukitan hijau yang menawan.

Pantai ini memiliki keunikan, yang mana satu wilayah pantai memiliki dua jenis pasir yang berbeda. Pertama bagian pantai yang memiliki pasir dengan ukurannya seperti merica berwarna kuning kecoklatan dan kedua, bagian pantai dengan pasirnya sangat halus, sehalus tepung. Untuk merasakan pasir yang berbeda ini kamu harus melewati bukit dahulu.

Berada di Pantai Tanjung Aan, kamu bisa menjelajahi berbagai tempat menarik, seperti Batu Payung dan Bukit Merese. Keduanya menawarkan spot foto yang instagramable. Satu dataran rendah dengan suasana dekat pantai dan deburan ombak. Satunya lagi, Bukit Merese akan membawa kamu berada di tempat tinggi sehingga bisa menikmati segala pemandangan alam dari atas bukit.

Lelah menjelajah pantai, jangan lupa untuk mengunjungi restoran, warung makan dan UMKM kuliner binaan Kemenparekraf dan Dinas Pariwisata Kabupaten dan Provinsi untuk menikmati sejumlah kuliner lokal, mulai dari Ayam Taliwang, Ayam Rarang, Sate Rembiga, Sayur Beberuk, dan Nasi Balap Puyung.

Tak perlu khawatir dengan keamanan dan kenyamanan selama berwisata, sebab sudah banyak tempat wisata di Lombok memiliki sertifikat CHSE (Cleanliness, Health, Safety & Environmental Sustainability), yaitu sertifikat kepada Usaha Pariwisata, Destinasi Pariwisata, dan Produk Pariwisata lainnya untuk memberikan jaminan kepada wisatawan terhadap pelaksanaan kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan.

Jangan lupa #BeliKreatifLokal sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah, belanja produk lokal dan kerajinan khas Lombok bisa kamu temukan di Desa Sade, Desa Sukarare maupun UMKM Kriya dan Fesyen lainnya seperti Indah Mutiara Lombok, Mawar Ketak Lombok, Seagana Batik Sasambo hingga, Allea Galeri Etnik Indonesia. Dengan demikian, kamu juga turun berkontribusi dalam mendukung kelangsungan UMKM dan melestarikan seni budaya daerah Mandalika dan Lombok.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, menyebutkan perhelatan MotoGP Mandalika 2022 harus memberikan dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, khususnya bagi para pelaku UMKM lokal.

"Kita ingin produk-produk ekonomi kreatif lokal bisa tampil di MotoGP, kita mau semua UMKM ini tersentuh dengan hadirnya MotoGP yang ada di Mandalika pada 18-20 Maret 2022. Jadi harapannya kita bisa menggerakkan dan memberdayakan UMKM," kata Menparekraf Sandiaga dikutip dari website Kemenparekraf.

Jadi, untuk liburan yang lebih lengkap dan punya oleh-oleh untuk keluarga di rumah, pastikan #BeliKreatifLokal yach!

Untuk mendapatkan inspirasi destinasi wisata di Mandalika dan lainnya serta informasi produk ekonomi kreatif #DiIndonesiaAja, follow akun Instagram @pesona.indonesia dan ikuti terus kegiatan pesona punya kuis (PUKIS) yang menawarkan berbagai hadiah menarik buat kamu.

 

(*)