Sukses

Song Kang Pakai Kemeja Tenun Rancangan Didiet Maulana

Liputan6.com, Jakarta - "Tersongkang-songkang," begitu desainer Didiet Maulana memulai cerita pengalaman barunya. Bukan tanpa sebab tentu, mengingat penulis buku Kisah Kebaya ini berkesempatan merancang busana untuk aktor K-drama Song Kang.

"Enggak pernah nyangka, aku yang sudah dua tahun ini tiada hari tanpa nonton drakor (drama Korea), tetiba diberi kepercayaan bikinin baju buat orang yang aku selalu nonton filmnya! Emang sih tiap nonton film korea selalu doa, one day akan ada yang pakai baju tenun Indonesia buatan kami," tulisnya di unggahan akun Instagram pribadi, Selasa (11/1/2021).

Kesempatan ini didapat Didiet karena bekerja sama dengan produsen produk kesehatan, RealFood Indonesia. Pasalnya, mereka baru saja mendapuk bintang drama Sweet Home ini sebagai brand ambassador

"Konsiderasinya memilih tenun bermotif geometris dan bersifat dekoratif, sehingga bisa mewakilkan tenun Indonesia. Maunya memang memperkenalkan cerita tentang tenun lewat kemeja yang dipakai Song Kang," tutur Didiet melalui pesan suara pada Liputan6.com, Selasa (11/1/2022).

Kain tenunnya, Didiet melanjutkan, dibuat selama dua hingga tiga minggu. Sementara, mulai dari proses desain sampai kemeja tenun jadi, memakan waktu tiga minggu. "Jadi, kurang lebih butuh 1,5 bulan untuk project ini, agak kilat sebenarnya," ia mengatakan.

Dalam prosesnya, figur di balik merek IKAT Indonesia ini menyebut, pihak RealFood Indonesia berpesan untuk menonjolkan wastra Indonesia. Ia dan tim awalnya mengajukan dua jenis kain: batik dan tenun.

"Ternyata yang dipilih tenun. Tapi, tidak ada hal-hal di luar itu, karena ini hanya soal preferensi. Kemudian, dibuat se-international look mungkin, yang dalam hal ini (diimplementasi dalam) kemeja," Didiet Maulana bercerita.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pakai Ilmu Skala Arsitektur

Uniknya, Didiet mengatakan, pihaknya harus mengadopsi pendekatan berbeda dalam menentukan ukuran kemeja. "Ngukur lewat TV, pakai ilmu skala arsitektur," tulisnya.

Pemilihan warna kain tenun navy blue, dinilai Didiet cocok karena kontras dengan warna kulit aktor 27 tahun tersebut. Ia berkata, "Warnanya elegan, tapi di saat yang sama, ada sisi kasualnya, sehingga menurutku pas dengan kepribadian Song Kang yang hangat."

"Mau menonjolkan tenun Indonesia bisa masuk dengan karakternya Song Kang yang supel, very sweet, dan hangat," imbuhnya.

Setelah kemeja tenun jadi, proses setelahnya berlangsung sangat cepat. "Semua langsung dikirim ke sana (Korea Selatan). Tidak ada feedback dari tim Song Kang, sehingga kami mengasumsikan semuanya okay. Kami juga baru tahu akhirnya berhasil dipakai ketika TVC dan fotonya jadi (sebagai brand ambassador RealFood)," kata Didiet.

3 dari 4 halaman

Suntikan Semangat bagi Perajin

Melalui proyek ini, Didiet berharap para perajin Indonesia mendapat suntikan semangat untuk terus berkaya. Terlebih, Song Kang bukanlah bintang Korea Selatan pertama yang kedapatan memakai wastra Indonesia. 

Momen-momen seperti ini, Didiet mengatakan, layak dirayakan sebagai bentuk apresiasi pada sejumlah brand yang ingin bekerja sama dengan platform internasional. Menurutnya, ini tidak semata soal promosi produk.

"Ini juga memberi kesempatan pada perajin lokal untuk ikut maju dan terpromosikan," tuturnya. "Jadi, semoga perajin tenun makin bersemangat dengan adanya project ini."

4 dari 4 halaman

Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion