Sukses

Gusung Melulun, Wisata Pantai Eksotis Tarakan dengan Pasir Cokelat Panjang

Sebagai kota kepulauan, Tarakan memiliki banyak destinasi wisata pantai dan laut yang eksotis, salah satunya Gusung Melulun.

Liputan6.com, Tarakan Sebagai kota kepulauan, Tarakan memiliki banyak destinasi wisata pantai dan laut yang eksotis. Setelah mengetahui Pantai Amal yang bisa tanpa air saat siang hari, sekarang saatnya melihat wisata pulau kecil di tengah laut yang dikenal dengan nama Gusung Melulun.

Gusung adalah endapan yang menonjol ke permukaan laut. Ketika air surut, sebagian besar endapan pasir ini terkuak sehingga membentuk pulau.

Belakangan ini, Gusung Melulun yang ada di selatan Pulau Tarakan semakin ramai dikunjungi. Beragam foto dan video di media sosial yang memperlihatkan keindahan Gusung Melulun menjadi magnet anak-anak muda dan penggemar traveling untuk datang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Menuju Gusung Melulun.

Untuk menuju Gusung Melulun, wisatawan terlebih dahulu harus ke Tanjung Pasir, Mamburungan, Kota Tarakan. Dari situ, perjalanan ke Gusung Melulun ditempuh menggunakan speedboat selama kurang lebih 15 menit.

Jika air laut sedang surut, pelancong akan menemukan Gusung Melulun sebagai pulau yang besar dengan pasir berwarna coklat muda dan airnya yang jernih. Namun, ketika air laut pasang, wilayah gusung semakin sempit, menyerupai jalanan pasir di tengah laut yang melengkung.

Dibandingkan pantai pasir di daerah lain, Gusung Melulun ini memiliki jalanan pasir coklat yang begitu panjang, benar-benar puas jika berlarian di sana. Tapi ingat ya, hanya saat air laut sedang surut.

Ada beragam aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di Gusung Melulun. Selain foto dan video, kamu juga bisa bermain pasir, berenang dan berjemur-jemur santai. Siapkan juga pakaian renang, sunblock hingga kaca mata hitam.

3 dari 3 halaman

Siapkan Perbekalan Air Minum

Jangan lupa untuk menyiapkan perbekalan terutama air minum, yang dingin-dingin tentu lebih asik. Sebagai pelancong yang baik, jangan buang sampah sembarangan dan sedari awal sudah siap dengan kantong sampah.

Tertarik untuk mengunjungi Gusung Melulun, lakukan persiapan dari sekarang agar perjalanan lebih nyaman dan seru.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.