Sukses

Kenalkan Hijab Sejak Dini pada Anak, Ernie Kusumawati Jalani Bisnis Fashion Muslim

Ernie yang sebelumnya berprofesi sebagai dokter, memutuskan untuk fokus berbisnis fashion muslim anak bersama suaminya..

Liputan6.com, Jakarta - Berbuat baik bisa diawali dengan tindakan yang mudah dan tidak perlu muluk-muluk. Seperti halnya dengan kebaikan dan kewajiban menutup aurat bagi setiap umat muslim saat balig atau mencapai tahap pubertas.

Oleh sebab itu, para orangtua muslim bisa mengawali kebaikan dengan mengenalkan dan mengajari anak-anaknya sejak dini tentang pentingnya menutup aurat.  Seperti yang dilakukan Ernie Kusumawati (30) bersama suaminya.

Pasangan suami-istri asal Lumajang, Jawa Timur tersebut mulai memperkenalkan serta membiasakan hijab dan tutup aurat kepada anak-anaknya sejak dini dengan mendirikan kids muslim fashion brand bernama Khaireen.

Ernie bercerita, awal mula Khaireen didirikan terinspirasi saat dia melahirkan anak pertamanya. Hatinya merasa tersentuh ketika melihat wajah mungil bayi perempuan yang telah dilahirkannya. Dia dan suaminya berharap agar putri mereka tumbuh menjadi wanita salihah dan kelak melahirkan anak yang saleh/salihah pula.

“Saya sebagai ibunya akan berusaha menjaga dirinya dengan mengenalkannya hijab dan tutup aurat sedini mungkin. Hanya mengenalkan, bukan memaksakan, karena belum ada kewajiban baginya yang masih usia dini.

Harapannya, ketika ia nanti dewasa, ia sudah terbiasa berhijab dan menutup auratnya,” tutur Ernie. Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa di masa perkembangan, anak-anak selalu mempelajari lingkungan dan kebiasaan yang terjadi di sekitarnya.

Ini merupakan masa yang sangat penting bagi anak-anak untuk diperkenalkan dengan hukum Islam sejak dini sehingga anak tumbuh menjadi orang dewasa dan umat muslim yang dapat beradaptasi dengan baik.  Terutama bagi anak perempuan, perempuan muslim pada umumnya menggunakan hijab untuk menutupi auratnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pembagian Tugas

 

Tentunya akan lebih sulit bagi anak perempuan yang tidak pernah diperkenalkan kepada hijab untuk secara tiba-tiba diharuskan berbusana sesuai syariat Islam saat mencapai tahap pubertas. “Jika anak perempuan telah dikenalkan pada hijab sejak usia dini maka akan lebih mudah baginya beradaptasi ketika beralih mengenakan hijab dan baju muslim. Bahkan saat ini busana muslim pun bisa menjadi chic & trendy sehingga anak-anak tetap percaya diri untuk berbusana muslim,” katanya.

Ernie sendiri sebelumnya berprofesi sebagai dokter, kemudian dia memutuskan resign dan beralih profesi untuk fokus berbisnis fashion muslim anak bersama sang suami. Sejak masa kuliah Ernie memang sudah hobi berbisnis dan juga telah memiliki bisnis online shop kecil-kecilan.

Pada Juli 2017, berdirilah Khaireen yang menjadi brand fashion muslim anak dengan lokasi bisnis di Lumajang, Jawa Timur. Sang suami berfokus di bagian produksi, sedangkan Ernie berfokus di bagian penjualan dan pemasaran.

Selama dua tahun pertama, bisnis Khaireen berfokus pada fashion muslim anak. Kemudian pada tahun 2020, bisnis ini mulai merambah ke homewear fashion harian anak. Saat ini Khaireen telah berkembang hingga memiliki total 59 karyawan.

Ernie mengungkapkan, “Pengembangan dan fokus penjualan Khaireen melalui sistem kemitraan. Jumlah mitra resmi yang telah bergabung saat ini mencapai kurang lebih 300 mitra, mulai dari distributor, agen, hingga reseller.”

 

3 dari 4 halaman

Sampai Luar Negeri

 

Dengan penjualan melalui sistem kemitraan, Khaireen diharapkan dapat mewadahi dan memfasilitasi ibu-ibu yang ingin meningkatkan diri dengan memulai bisnis dan mendapatkan penghasilan dari rumah hingga membesarkan bisnis.

Menurut pernyataan Ernie, tingkat permintaan produk Khaireen tiap bulannya terus meningkat, hingga saat ini bisa mencapai 5000 – 6000 pcs. Pencapaian omzet mitra Khaireen bisa mencapai 30 juta - 100 juta rupiah per bulan, bahkan bisa mencapai lebih dari 100 juta rupiah ketika bulan Ramadhan.

Penjualan produk tidak hanya di Indonesia, tetapi juga sudah ke luar negeri. Penjualan paling tinggi di luar negeri ialah di Malaysia, Brunei, Singapore, dan Vietnam. Ke depannya, Khaireen direncanakan juga akan merambah bisnis ke fashion muslim dewasa.

Ernie berharap dengan adanya Khaireen, semakin banyak orang tua yang ingin mengajari kebaikan menutup aurat kepada anak-anaknya sejak dini, serta semakin banyak anak-anak saleh dan salihah yang mulai mempelajari dan menerapkan syariat-syariat Islam. Dia juga menganjurkan agar para orang tua menghargai setiap kebaikan kecil yang dilakukan anak-anak.

4 dari 4 halaman

Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.