Sukses

Hadirkan 140 Tokoh Inspiratif, IdeaFest 2021 Ingin Industri Kreatif Bikin Perubahan di Masa Sulit

Dari perjalanan selama 10 tahun, IdeaFest 2021 mengangkat 14 pilar konten utama dan menghadirkan lebih dari 140 tokoh inspiratif.

Liputan6.com, Jakarta - IdeaFest kembali digelar di tahun ini. Di tahun kesepuluh penyelenggaraannya dan digelar di masa pandemi Covid-19, IdeaFest 2021 akan diadakan secara hybrid.  Untuk acara offline akan digelar di M Bloc Space, dan secara online melalui virtual arena terbaru, sebuah metaverse bernama Jagat.Live.

Tahun ini IdeaFest menghadirkan berbagai program utama meliputi Conference, IdeaTalks, Idea Community Forum, IdeaFest Music Camp, Xperiential Expo, dan Xchievement Night yang sudah berlangsung mulai 18 sampai 28 November 2021. Dari perjalanan selama 10 tahun sebagai ruang wawasan lintas industri, tahun ini IdeaFest mengangkat 14 pilar konten utama.

Konten-konten tersebut adalah Architecture, Interior, Urban Publishing; Music; Arts & Design; Film, Content, Media, Publishing; Fashion & Beauty; Tech (Game, Application, Software & Digital Ecosystem; Culinary; Activism (Wellness & Social Innovation); Retail, Brand & Marketing; Entrepreneurship. Ragam pilar konten ini dihadirkan untuk mendukung perkembangan berbagai subsektor ekonomi kreatif dan mendorong kolaborasi insan kreatif Indonesia untuk memajukan perekonomian Indonesia.

"Kami selalu konsisten dengan visi dan misi kami untuk menjadi ruang berkumpulnya ide-ide dari para insan kreatif Indonesia," kata Desy Bachir selaku Co-CEO of Samara Live dalam jumpa pers virtual IdeaFest 2021, Kamis, 18 November 2021.

Desy mengatakan, tahun ini IdeaFest juga ingin menjadi lebih dari sebuah festival kreatif dengan menciptakan ekosistem yang inklusif dan semakin mendekatkan audiens dengan deretan figur inspiratif dari dalam dan luar negeri.

"Dengan pergerakan industri kreatif yang transformatif dan perkembangan teknologi yang sangat cepat memicu munculnya isu-isu menarik dari banyak sektor industri. IdeaFest menyadari hal itu dan mencoba meresponnya dengan kembali mengangkat berbagai pilar konten dari beragam sektor industri kreatif yang patut untuk dibahas lebih dalam bersama para ahli di bidangnya," terangnya.

Tokoh inspiratif yang dihadirkan di tahun ini juga berasal dari lintas industri. Ada nama-nama terkenal seperti Tablo Epik High, Stefan Sagmeister, Kevin Kwan, Raffi Ahmad, Dee Lestari, Kunto Aji, Voice Of Baceprot, Lomba Sihir, Dian Sastrowardoyo, Gita Wirjawan, Arawinda Kirana, Wregas Bhanuteja, dan masih banyak lagi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Talenta Muda Berbakat

Di sisi lain, Audrey Maximillian Herli selaku Co-Founder of Riliv, mengatakan, sangat mengapresiasi penyelenggaraan IdeaFest yang selalu menghadirkan berbagai isu dan topik yang terkurasi dengan baik. Salah satunya mengangkat tentang kesehatan mental.

Saat pandemi, kesehatan mental menjadi salah satu isu yang dialami oleh masyarakat, terutama generasi muda. "Untuk itu, saya berharap ini menjadi awal yang baik agar isu kesehatan mental diangkat sebagai isu yang penting untuk diperbincangkan," ucap Audrey.

IdeaFest 2021 juga menghadirkan sederet talenta muda berbakat di industri perfilman Indonesia yang berhasil meraih banyak prestasi. Salah satunya adalah Wregas Bhanuteja selaku Film Director yang banyak membuat film pendek. Karya perdananya di film layar lebar, Penyalin Cahaya berhasil meraih banyak penghargaan.

Penyalin Cahaya berhasil memborong 12 Piala Citra di Festival Film Indonesia atau FFI 2021, termasuk piala untuk Sutradara Terbaik dan Penulis Skenario Asli Terbaik yang diraih Wregas.

3 dari 4 halaman

Berbagi Pengalaman

"Mewakili insan industri film Indonesia, saya melihat situasi saat ini menjadi waktunya setiap insan kreatif untuk berkembang dengan memanfaatkan kesempatan yang sudah ada," jelas Wregas. Dia menambahkan, industri film itu sangat beragam dengan hadirnya OTT platform, ini menunjukkan kesempatan untuk berkarya melalui film itu sangat terbuka sekali.

"IdeaFest ini hadir untuk mewadahi kebutuhan dan memberi kesempatan bagi para suara-suara muda di industri kreatif seperti saya untuk berbagi pengalaman. Dan juga pada saat yang bersamaan mendapatkan ilmu dari para figur inspiratif lainnya dari berbagai industri," tutur sutradara berusia 29 tahun ini.

Dengan hadirnya lebih dari 140 figur inspiratif, IdeaFest 2021 ingin menunjukkan bahwa banyak sekali cara untuk melakukan sesuatu agar dapat berkontribusi membuat perubahan di sekitar kita, terutama industri kreatif meski di masa sulit seperti sekarang ini.

4 dari 4 halaman

4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.